10 Surat Penolakan yang dikirim untuk Orang Terkenal

Topik Pilihan :

Kesuksesan yang diraih oleh nama-nama berikut ini pastinya bukanlah didapat secara instan apalagi kebetulan. Penolakan demi penolakan pun harus mereka terima sebelum akhirnya mereka mampu mencapai mimpi yang mereka harapkan. Berikut bukti otentik dari surat-surat penolakan yang dikirim bagi mereka yang kini dikenal dunia sebagai seseorang yang berhasil dalam hidup.

10. Edgar Rice Burroughs


Namanya kini dikenal dunia sebagai penulis atau novelis asal Amerika yang sangat berhasil. Tokoh Tarzan, sang pahlawan rimba, dan John Carter, petualang heroik dari Mars, merupakan hasil karyanya. Belum lagi karya novel lainnya yang terdiri dari berbagai genre. Dan ketika "Tarzan of the Apes", karya terbaiknya yang telah melahirkan 25 sekuel itu sukses, surat penolakan pun harus ia terima dari sebuah majalah di tahun 1912. Beruntungnya, perusahaan publikasi lainnya lebih berpikir bijak hingga pada akhir tahun itu juga, karya Edgar Rice Burroughs akhirnya terbit hingga menjadi warisan bagi dunia yang kini sudah menginjak usia lebih dari seratus tahun.

9. Stieg Larsson


Stieg Larsson merupakan seorang penulis sekaligus jurnalis asal Swedia. Dia terkenal atas karyanya "Millennium trilogy" dari kumpulan novel kriminal, yang diterbitkan secara anumerta. Stieg Larsson menghabiskan sebagian besar hidupnya di Stockholm dan bekerja di sana di bidang jurnalisme dan sebagai seorang peneliti independen dari sayap kanan ekstremis. Ia adalah penulis terlaris kedua di dunia pada tahun 2008, setelah Khaled Hosseini. Penjualan untuk seri karyanya telah mencapai 73 juta kopi di seluruh dunia pada akhir 2012, dan buku-bukunya tersebut terus meningkat penjualannya dengan baik hingga hari ini. Pada bulan Desember 2011, "seri Millenium" nya telah terjual 65 juta eksemplar; dimana bagian terakhir seri tersebut, "The Girl Who Kicked the Hornets' Nest", menjadi buku yang paling banyak terjual di Amerika Serikat pada tahun 2010 menurut Publishers Weekly.

8. Jim Lee


Di tangan seniman komik berdarah Korea-Amerika kelahiran 1964 ini, tokoh komik X-Men mendapatkan popularitasnya. Ya, Jim Lee meraih ketenarannya di bawah bendera Marvel seperti X-Men di tahun 90-an. Tapi seperti termuat dalam surat di atas, nyata jelas bahwa di awal kesuksesannya, Jim Lee sempat diminta untuk mengajukan permohonan kembali "ketika Anda telah belajar menggambar tangan". Untungnya hal ini tidak meruntuhkan semangatnya, dia kemudian menciptakan Wildstorm bawah Image Comics, yang kemudian dijual ke DC Comics di mana ia bertindak sebagai Direktur Editorial. Pada tahun 2010, ia menjadi Co-Publisher dari DC Comics.

7. Gertrude Stein


Mungkin ini merupakan surat penolakan terbodoh yang pernah ditulis oleh seorang penerbit, ketika memberikan surat yang berisi ejekan tanpa membaca terlebih dahulu naskah tulisan "The Making of Amerika" yang ditulis Gertrude Stein, yang merupakan penulis hasil bimbingan dari penulis terkenal sekelas Ernest Hemingway. "The Making of Amerika" sendiri akhirnya diakui dunia sebagai salah satu karya sastra terbaik di dunia.

6. Sylvia Plath


Meskipun ini bukan penolakan lengkap, surat di atas ini dikirim New Yorker yang meminta seluruh babak pertama dari "Amnesiac" untuk di edit kembali nantinya. Sulit untuk percaya bahwa penulis pemenang hadiah Pulitzer harus memiliki karya yang terkoyak, tapi itu menunjukkan pada Anda bahwa penulis besar sekelas Sylvia Plath pun harus mulai dari awal sangat sulit.

5. Kurt Vonnegut
 

Tiga sampel naskah yang dikirim ke The Atlantic Monthly pada tahun 1949 dianggap cukup bagus, tetapi "tidak cukup menarik untuk dibaca hingga akhir". Tapi bukannya menyerah, Kurt malah membingkai surat penolakan ini, yang sekarang tergantung di Perpustakaan Memorial di Indianapolis. Hasil karyanya yang kini paling terkenal, "Slaughterhouse-Five", dikabarkan sempat masuk dalam salah satu sampel yang diajukan tersebut.

4. U2


Ketika grup band U2 memulai debutnya pada tahun 1979, RSO Records yang disodorkan sampel rekaman meresponnya dengan baik, namun merasa "tidak cocok untuk kita pada saat ini". Dalam beberapa bulan, band ini akhirnya menandatangani kontrak dengan Island Records dan merilis hits internasional pertamanya, "11:00 Tick Tock." Mereka berhasil menjual 150 juta kopi rekaman, memenangkan 22 Grammy Awards (terbanyak dari yang pernah diraih grup band lainnya), dan tampil dalam tur konser terlaris dalam sejarah.

3. Andy Warhol


Dunia kini mengenal Andy Warhol sebagai seorang seniman Amerika yang juga merupakan tokoh terkemuka dalam gerakan seni rupa yang dikenal sebagai pop art. Pada tahun 1956, Andy mengirimkan salah satu karyanya ke Museum of Modern Art, secara gratis, namun dengan segera karyanya itu ditolak. Jelas, hal itu akhirnya berbuah keberuntungan. Kini, The Andy Warhol Museum telah berdiri di kota kelahirannya, Pittsburgh, Pennsylvania, dengan koleksi permanen seni dan arsip yang luas. Museum ini sekarang merupakan museum terbesar di Amerika Serikat yang didedikasikan untuk satu seniman.

2. Tim Burton

 
Editor Disney menganggap buku anak-anak pertama hasil karya Tim Burton yang berjudul "The Giant Zlig", cukup berharga. Namun Tim dianggap terlalu tergesa-gesa dalam mengasah ketrampilannya dalam menulis. Saat itu Tim hanya diterima magang sebagai animator, storyboard artist dan seniman konsep pada film-film seperti The Fox dan Hound, The Black Cauldron dan Tron. Namun, gaya pribadi Tim Burton pun ternyata bentrok dengan standar Disney, dan ia akhirnya memutuskan bekerja pada proyek solo. Beberapa tahun kemudian, film-filmnya yang kebanyakan bertema fantasi dibuat, seperti Beetlejuice, Edward Scissorhands, Sleepy Hollow, Planet of the Apes, Charlie and the Chocolate Factory dan Alice in Wonderland.

1. Madonna

 
Ketika Ratu Pop ini akhirnya menandatangani kontrak dengan Sire Records pada tahun 1982, album debutnya itu berhasil terjual lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia. Rahasianya? Ternyata Madonna menggunakan surat penolakan ini sebagai motivasi, dan menganggap surat ini sebagai penghormatan dari pihak produsen yang
"tidak percaya" dan menyatakan bahwa ia "belum siap". Kini dunia mengenal Madonna sebagai salah seorang artis penyanyi wanita dengan nilai penjualan rekaman yang terbaik sepanjang masa.

Dan masih ada sederetan nama terkenal di dunia lainnya yang juga mengalami penolakan di awal karirnya, seperti:

Walt Disney - Dipecat dari Kansas City Star pada tahun 1919 karena dia "tidak memiliki imajinasi dan tak punya ide bagus".

J.K. Rowling - Ditolak oleh puluhan penerbit, termasuk HarperCollins, ketika sebuah perusahaan penerbit kecil di London akhirnya memutuskan untuk menerbitkan karyanya, Harry Potter.


Oprah Winfey - Dipecat sebagai reporter berita malam Baltimore WJZ-TV karena dia tidak bisa memisahkan emosinya dengan isi berita yang harus dibacanya.

George Orwell - Sebuah perusahaan penerbit awalnya menolak novel karyanya yang legendaris, Animal Farm, dengan kata-kata "Tidak mungkin untuk menjual cerita hewan di Amerika Serikat".

Jerry Seinfeld - Tidak tahu bahwa dia dibuang dari peran kecil di sebuah sitkom sampai ia membaca naskah dan menemukan bagian yang hilang.

Elvis Presley - Setelah tampil di Nashville pada awal karirnya, ia diberitahu oleh sang manajer bahwa ia lebih baik menerima pekerjaan sebagai pengemudi truk di Memphis (itulah pekerjaan Elvis sebelumnya).

Steve Jobs
- Dipecat dari perusahaan yang ia rintis, Apple, tapi tidak memutuskan tekadnya hingga ia kembali masuk di perusahaan tersebut pada 1997.Kini Apple merupakan salah satu perusahaan yang paling berharga di dunia.

Stephen King - Buku pertamanya, Carrie, ditolak sebanyak tiga puluh kali. Dia bahkan sempat membuang buku itu ketika istrinya memungutnya kembali dari tempat sampah dan mendorongnya untuk terus kembali mencoba.

Marilyn Monroe - Pada awal karir modeling dan aktingnya yang gemilang, dia sempat diberitahu bahwa sebaiknya lebih mempertimbangkan untuk menjadi seorang sekretaris.

Abraham Lincoln - Pernah diturunkan pangkatnya dari seorang kapten menjadi prajurit biasa semasa perang, ditambah kegagalnya sebagai pengusaha, dan kekalahannya beberapa kali sebagai kandidat politik, sebelum akhirnya berhasil menjadi Presiden.

"Jika Anda bisa memimpikan itu,
  Anda pasti bisa melakukannya" 
                                                         - Walt Disney


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "10 Surat Penolakan yang dikirim untuk Orang Terkenal", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "10 Surat Penolakan yang dikirim untuk Orang Terkenal"

Post a Comment