10 Cara Unik dalam menciptakan Musik

Topik Pilihan :

Banyak proses untuk menciptakan suara dan musik. Hal ini ternyata bisa didapat dari data apapun, seperti pola lalu lintas jalan, atau jumlah pelanggan berbelanja di toko tertentu dalam satu bulan. Fluktuasi angka yang ada bisa menciptakan musik, dengan sebagian besar potongan-potongan hingga membuat suara yang besar, dan Anda biasanya tidak akan tahu bahwa itu dibuat dari sebuah data kecuali seseorang mengatakan kepada Anda mengenai hal itu.

1. Pemandangan jadi Suara
Ini merupakan aplikasi iPhone terbaru yang cukup mengagumkan hasil kreasi Perry Balai yang merekam gambar dengan menggunakan kamera telepon genggam Anda, kemudian dengan menggunakan data yang berasal dari berbagai nuansa cahaya tersebut, untuk selanjutnya diterjemahkan menjadi suara. Gambar terang memberikan suara lebih cerah, dan gambar yang gelap memberikan suara lebih sendu, hingga mengubah lingkungan seperti apapun menjadi soundscape seperti mimpi dan atmosfer. Teknologi ini bekerja cukup baik hingga bisa merubah suara sesuai dengan kehendak cahaya, dan menciptakan soundtrack film mendekati sempurna dengan mudahnya. Pengalaman yang merupakan campuran dari indera, membuat Anda bisa mendengar dan melihat warna suara.

2. Musik sang Matahari
Robert Alexander memiliki latar belakang dalam komposisi klasik dan sekarang menggunakan keterampilan dalam pekerjaannya sebagai spesialis sonifikasi untuk Solar Heliospheric Research Group. Dalam proyek ini, ia menggunakan contoh data dari The Solar Heliospheric Observatory, yang merupakan pesawat ruang angkasa NASA yang digunakan untuk mengukur dan memprediksi jilatan api matahari. Dengan data ini ia membuat vokal paduan suara halus dan ketukan drum epik yang bisa membuat Anda merasa petualang, seolah-olah Anda bepergian melalui ruang. Suara drum sebagian besar didasarkan pada hasil rotasi 26-hari dari matahari.

3. Mesin Sonifikasi
Dennis P. Paul telah menemukan cara baru bagi siapa saja untuk menciptakan musik melalui proses sonifikasi. Hal ini pada dasarnya dihasilkan dari suatu penjepit berputar, pengukuran jarak laser dengan presisi tinggi, dan perangkat lunak komputer. Dengan meletakkan benda kecil atau menengah di penjepit yang berputar itu, laser membaca variasi jarak pada permukaan dan mengubahnya menjadi frekuensi audio dalam program komputer yang telah disesuaikan. Dengan manambah beberapa perbaikan, frekuensi bisa menjadi alat musik, hingga bisa membuat komposisi yang baik dari sepatu dan botol sampo.

4. Suara Tanaman
Sebuah organisasi bernama Komunitas Musik Wales baru-baru ini telah mengembangkan sebuah proyek yang disebut Suara Statistik [Stats in Sound], yang memanfaatkan data yang tanaman untuk membuat suara yang unik. Mereka mengukur fotosintesis melalui temperatur, kelembaban, dan tingkat cahaya selama 24 jam. Matt Jackson menyusun data menjadi sebuah lagu elektronik yang menunjukkan bagaimana setiap bagian dari tanaman bisa menghasilkan suara yang berbeda. Kondisi yang buruk dari suatu tanaman akan menghasilkan sesuatu gelap yang mempengaruhi pada lagu hingga bertempo lambat, sementara kondisi baik menghasilkan sebuah lagu yang cerah, lebih optimis.

5. Lagu Pi
Tom Dukich mengambil angka pi yang tak berujung, atau 3.14, hingga 1.000 digit dan mengubahnya menjadi sebuah lagu. Dia memberikan suara instrumen saat nomor tertentu muncul hingga membuat suatu lagu yang benar-benar unik. Walaupun lagu yang satu ini agak kabur dan tidak merdu, sepertinya masih cukup menarik untuk melihat bagaimana hal itu bisa dilakukan. Ide ini menggunakan rumus matematika untuk menghasilkan musik yang cerdas, dan dapat dengan mudah digunakan untuk sesuatu yang lebih rumit, seperti fraktal.

6. Hentakan Higgs Boson
GEANT, jaringan riset tingkat tinggi Uni Eropa menggunakan data dari partikel Higgs Boson dalam komposisi lagu mereka. Duri-duri dalam elektron volt menghasilkan catatan komposisi pada bass, piano, marimba, xylophone, dan beberapa instrumen perkusi. Lagu-lagu ini mirip dengan lagu pi, meskipun kurang menyebar dan terdengar lebih bahagia. Lagu ini mungkin tidak akan memenangkan Grammy, tapi dengan lagu-lagu yang terus dihasilkan, mungkin itu suatu saat dapat terjadi.

7. Fraktal Aneh
Komposer Gustavo Diaz-Jerez dengan menggunakan angka yang dihasilkan dalam suatu set Mandelbrot, atau rumus yang dikreditkan dengan menemukan suatu fraktal, yang merupakan sistem umpan balik tak berujung. Hasilnya adalah suatu ruang yang terbuka dan suara aneh akan segera Anda dengar. Perhatian untuk tidak memainkannya pada volume tinggi, karena lagu dimulai dengan tenang namun bisa menjadi semakin keras hingga bisa menghancurkan speaker Anda.

8. Suara Pasang
Design Rhythmics Sonification Research Lab adalah kelompok yang berfokus pada cara mengubah data historis dan ilmiah ke dalam musik. Marty Quinn, seorang komposer klasik dan programmer komputer, memiliki metode yang baik dalam sonifying data. Misalnya, ketika menjelaskan bagaimana dia menciptakan sepotong lagu yang didasarkan pada pembacaan laut saat pasang di Venesia, ia mengatakan bahwa suara seruling didasarkan pada arah angin, sementara French horn didasarkan pada suhu angin. Dia memiliki banyak potongan menarik, seperti lagu yang terbuat dari 110.000 tahun data inti es, atau interpretasi musik Shakespeare Twelfth Night.

9. Album Semesta
Mickey Hart dan bandnya menciptakan lagu dengan menggunakan berbagai data dari alam semesta. Dalam lagu-lagunya, ia menggunakan sampel audio yang dihasilkan dari latar belakang gelombang mikro kosmik, berbagai galaksi, pulsar, supernova, dan bentuk astronomi lainnya dan peristiwa. Album baru, Mysterium Tremendum vol. 2, menggunakan berbagai suara dan memadukannya dengan gaya musik seperti rock dan trance dengan cara yang unik hingga tercipta suatu lagu yang terbaik

10. Musik Mikroba
Peter Larsen, seorang ahli biologi di US Department of Argonne National Laboratory Energy telah berhasil mengubah data sejumlah mikroba ke dalam musik dalam upaya untuk lebih memahami hubungan antar mikroorganisme yang saling bergantung satu sama lain. Dia tidak merubah data dengan cara apapun agar membuatnya terdengar lebih seperti musik klasik, hingga hasilnya terdengar agak aneh, tapi masih terdengar baik bagi seseorang yang tidak memainkan alat musik sendiri.

Saya berharap bahwa setelah membaca artikel ini Anda bisa lebih mengerti bahwa tidak semua orang yang membuat musik perlu menjadi musisi yang berpengalaman untuk membuat potongan-potongan suara yang baik. Jika Anda memiliki ide yang baik, keinginan kuat untuk menerapkannya, Anda dapat membuat sesuatu yang Anda menikmati dan dengarkan, hingga Anda tidak memerlukan lagi musisi yang banyak untuk memainkan berbagai instrumen. 

Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "10 Cara Unik dalam menciptakan Musik", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "10 Cara Unik dalam menciptakan Musik"

Post a Comment