Nelson Mandela dan kecintaannya pada Batik

Topik Pilihan :

Tokoh satu ini memang bukanlah warga Indonesia, dan bukan juga pemimpin negara Indonesia. Tapi kecintaan Nelson Mandela akan batik, yang notabene adalah ikon budaya negara Indonesia, membuat nama Nelson Mandela layak mendapat penghargaan khusus, selain juga layak menjadi teladan bagi para pemimpin di Indonesia.

Jusuf Kalla yang pernah menjabat sebagai wakil presiden Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Nelson Mandela yang telah membantu mempromosikan batik Indonesia kepada dunia internasional. "Nelson Mandela memainkan peran besar dalam memperkenalkan batik di panggung internasional," kata Kalla dalam sebuah pernyataan kepada wartawan. "Dia memiliki keberanian untuk memakai batik selama sesi PBB. Saya sendiri bahkan mungkin merasa ragu mengenakan kemeja batik dan berbicara di depan penonton pada pertemuan PBB ... Terima kasih, Nelson Mandela, "tambahnya.

Nelson Mandela memang adalah penggemar berat batik tradisional Indonesia dan seringkali mengenakannya di acara-acara internasional dan pertemuan-pertemuan dengan para pemimpin dunia.

Banyak berita mencatat bagaimana mantan presiden Afrika Selatan itu begitu mencintai batik hingga terbiasa memakainya pada acara-acara resmi, bahkan saat beliau bertemu Ratu Elizabeth atau tokoh dunia lainnya bahkan saat menjumpai selebriti dunia.

 

Di Afrika Selatan, kemeja batik lebih dikenal dengan sebutan "Madiba T-Shirt" atau "Kemeja Madiba", dimana Madiba adalah sebutan akrab untuk Nelson Mandela.

Sugeng Rahardjo, mantan Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan, mengatakan kepada BBC Indonesia bahwa Nelson Mandela pertama kali mengenal batik saat melakukan kunjungan ke Jakarta pada tahun 1990, beberapa bulan setelah dia dibebaskan dari penjara di Robben Island. "Pola-pola halus dan warna batik mencerminkan kesabaran dan harmoni. Ini adalah cerminan dari karakter Nelson Mandela," ucapnya.

Saat itu Presiden Suharto memberikan kemeja batik sebagai souvenir kepada Mandela, yang kemudian langsung dipakai Nelson Mandela dalam beberapa kali pertemuan saat itu.

Bahkan pada sebuah kunjungan kembali ke Indonesia pada tahun 1997, Mandela mengejutkan banyak pihak saat ia mengenakan kemeja batik saat menemui Soeharto, sementara Soeharto sendiri mengenakan setelan formal.

Kemeja batik yang biasa digunakan oleh Mandela ternyata dirancang oleh almarhum Iwan Tirta, seorang maestro batik Indonesia.

"Mandela adalah tokoh yang memiliki karakter kuat yang sesuai dengan koleksi batik saya. Dia tidak hanya terlihat menarik, namun karisma perjuangannya selalu terlihat bahkan lebih saat dia memakai batik," demikian kutipan dari Iwan Tirta di akhir 1990-an setelah dia menyerahkan salah satu kemeja untuk Mandela.

"Kini sudah banyak orang yang mengenakan batik di Afrika Selatan setelah Mandela membawa tren tersebut", ungkap Michael Pasaribu, yang mempunyai sebuah toko batik di Pretoria, Afrika Selatan, seperti dikutip dari laporan media.


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "Nelson Mandela dan kecintaannya pada Batik", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "Nelson Mandela dan kecintaannya pada Batik"

Post a Comment