Lelaki Tertua di Dunia saat ini berasal dari Indonesia

Topik Pilihan :

Mbah Gotho telah menyaksikan banyak sekali peristiwa dalam hidupnya, Dan pastinya, beliau memiliki pengalaman melebihi dari siapa pun di bumi saat ini. Ini tentu bukan hal aneh, mengingat beliau merupakan lelaki tertua di dunia yang masih hidup saat ini. Pemerintah Indonesia baru-baru ini berhasil mem-verifikasi sebuah dokumentasi yang menyebut bahwa beliau memang lahir pada tahun 1870 silam. Dengan adanya konfirmasi tersebut, banyak orang di dunia akhirnya mulai mempertanyakan apa rahasia yang beliau miliki agar dapat panjang usia. Jawabannya ternyata sangatlah mengejutkan ...

Lelaki yang berusia 145 tahun ini tengah menanti ulang tahunnya yang ke146 tahun pada 31 Desember mendatang. Hingga saat ini, beliau telah banyak melihat transformasi yang dialami oleh dunia, selain tubuh yang juga sudah semakin renta. Di masa abad ke sembilan belas, Mbah Gotho telah kehilangan dua orang saudara kandungnya. Dua abad berikutnya, beliau juga harus kehilangan lagi delapan saudara kandung lainnya. Tak hanya itu, empat orang istrinya pun telah lama meninggal, di mana istri terakhir beliau meninggal di tahun 1988. Kemudian empat belas anaknya, yang mana keseluruhannya telah meninggal dunia juga. Mantan petani ini kini hidup bergantung pada para cucu dan cicitnya yang dapat merawatnya. Dengan tubuh yang nyaris lumpuh karena usia tuanya selama tiga bulan terakhir, beliau kini hanya dapat makan dengan disuapi dan dimandikan dengan tangan.

Karena penglihatannya pun sudah kabur, Mbah Gotho kini hanya dapat menghabiskan hari-harinya dengan mendengarkan siaran radio. Terkadang beliau meminta untuk dibacakan koran atau majalah juga pada cicitnya. Sesekali ia pun menikmati harinya dengan merokok. Namun saat ini apa yang sangat ingin dilakukannya adalah mati. Sebelumnya, di tahun 1992, Mbah Gotho telah juga merencanakan untuk mati, bahkan saat itu ia pun telah membeli batu nisan bagi dirinya. Tapi ternyata, 24 tahun kemudian, beliau masih tetap bekerja di ladangnya di Jawa Tengah. Ketika ditanya apa rahasianya untuk dapat memiliki umur panjang, beliau hanya menjawab bahwa rahasianya adalah kesabaran.


Jika pemerintah Indonesia telah mem-verifikasi dokumen kelahitan Mbah Gotho ini, maka lain hal nya dengan organisasi external yang masih harus mengkonfirmasi temuan sebelum beliau akhirnya ditetapkan sebagai orang tertua di dunia. Pemegang rekor saat ini masih dipegang oleh Jeanne Calment, seorang wanita Perancis yang meninggal pada usia 122 tahun. Klaim lainnya untuk gelar orang tertua berasal dari Dhaqabo Ebba, seorang yang mengaku berusia 163 tahun dan berasal dari Ethiopia, dan James Olofintuyi, yang konon menyebut dirinya berusia 171 tahun dari Nigeria. Namun sayangnya tak ada dokumen resmi bagi dua orang terakhir ini  yang dapat secara resmi membuktikan tahun kelahiran mereka.


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "Lelaki Tertua di Dunia saat ini berasal dari Indonesia", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "Lelaki Tertua di Dunia saat ini berasal dari Indonesia"

Post a Comment