Bagaimana menjadi Single dan tetap Bahagia

Topik Pilihan :

Menjadi single alias lajang di masa sekarang ini sudah bukan hal baru lagi. Dari mulai alasan belum menemukan pasangan yang cocok hingga segudang alasan lainnya, menjadi penyebab status single hingga saat ini. Namun menjadi single bukanlah halangan untuk kita tetap bahagia. Dan berikut beberapa tips untuk bisa tetap bahagia dalam status lajang alias single....

1. Ikhlas untuk menerima kenyataan yang ada dan jauhkan rasa iri dalam hati. Seringkali tanpa disadar, mungkin anda mengharapkan sesuatu yang jauh dari kenyataan kehidupan yang sebenarnya. Tayangan sinetron, serial drama ataupun film, semuanya itu hanyalah rekayasa belaka yang dimaksudkan untuk mendapat rating yang tinggi ataupun rekor box office. Namun seringkali tanpa sadar itu justru membuat anda tidak mampu melihat kenyataan yang ada. Mulailah untuk melihat dan menerima kenyataan di sekitar anda, di mana kehidupan nyata yang anda jalani mungkin seringkali tidak sesuai dengan apa yang ada dalam imajinasi anda, dan orang yang kita temui setiap hari pun kebanyakan adalah rakyat biasa, bukanlah selebriti atau superhero. Hadapi realita yang ada dan jangan terlalu berharap seorang "belahan jiwa" yang se-sempurna imajinasi dan impian kita.

2. Mulailah fokus untuk menjadi yang terbaik dari apa yang bisa anda tampilkan. Jadilah diri anda sendiri dan mulailah melakukan apa yang terbaik yang ingin anda lakukan. Ingatlah bahwa semua yang anda lakukan itu untuk anda sendiri, untuk kebaikan anda tentunya, dan pastinya tidak boleh merugikan orang lain. Bangun kepercayaan diri anda untuk menjadi lebih baik lagi, agar juga bisa menarik lebih banyak teman yang baik, dan bukanlah tidak mungkin bisa berlanjut ke tingkat yang lebih "dekat". (Memang tidaklah menutup kemungkinan bahwa anda memang sudah tak ingin terlibat lagi dalam urusan "asmara", namun itu semua adalah hak pribadi anda.)

Berkonsentrasi pada diri sendiri dan mulailah mencari tahu apa yang anda suka dan tiidak anda sukai. Buatlah rencana dengan teman-teman anda untuk beberapa waktu ke depan, seperti jalan-jalan, berenang, atau hal-hal positif lainnya. Usahakan agar anda bisa meluangkan waktu sesaat, ini bagi kebaikan anda sendiri. Bila sulit bagi anda untuk menemukan cinta, biarlah cinta yang menemukan anda.

3. Manjakan diri anda sesekali. Pergilah keluar sekedar untuk perawatan tubuh, pijat, dan hal positif lainnya. Tidak memiliki seseorang di samping anda bukanlah berarti anda juga harus berhenti merawat dan memanjakan diri sendiri. Ingatlah selalu bahwa anda adalah seorang yang tangguh dan terbaik. Jadi berikanlah diri anda sendiri "penghargaan".

4. Pergilah menikmati hiburan bersama teman-teman anda. Mengikuti acara reuni atau sekedar berkumpul bersama rekan sekerja menikmati acara refresing. Janganlah terlalu menutup diri anda dan jangan takut untuk memberikan nomor kontak anda. Siapa tahu ada kebaikan dibaliknya bagi kehidupan anda.

Saran ini bukanlah berarti anda harus pergi keluar setiap saat ada ajakan. Ingatlah anda memiliki hak pribadi untuk menolak. Pilihlah yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Anda tidak perlu orang lain untuk membuat anda merasa istimewa.

5. Sadarilah bahwa anda masih beruntung. Banyak orang sekitar anda yang tak seberuntung anda. Sakit kronis, tuna wisma, hidup dalam kemiskinan, kelaparan, tertekan atau ditindas, dan tidak memiliki kebebasan pribadi karena banyak tekanan. Jadi jika anda merasa tidak beruntung karena status anda saat ini lajang, pikirkanlah lagi! Banyak orang yang memiliki kondisi dan keadaan yang lebih sulit dari anda. (Namun jika anda masih tidak berbahagia meskipun anda sudah mengakui keberuntungan anda, ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan seorang tenaga ahli atau psikiater untuk membahas kemungkinan anda memiliki depresi klinis atau penyakit serupa).

6. Ambil sebuah hobi baru! Belajar bermain gitar, mengambil kelas dansa, berkebun, menulis novel, atau bahkan memasak! Apapun yang sebelumnya ingin anda lakukan, lakukanlah sekarang. Mencoba suatu hal baru, selain bisa menambah ilmu ketrampilan bagi anda sendiri, juga bisa menambah persahabatan dan harga diri.
Ambil sebuah hobi baru! Belajar gitar, bergabung dengan kelas tap, tumbuh taman, menulis sebuah novel, memasak beberapa makanan gourmet! Apa pun yang Anda pernah ingin lakukan, lakukan sekarang. Mencoba sesuatu yang baru dapat menyebabkan keterampilan baru, persahabatan, dan harga diri.

7. Lihatlah di cermin. Katakanlah hal-hal yang Anda sukai tentang diri Anda. Ulangi frase untuk diri sendiri seperti "Saya seorang individu yang kuat, dan indah" dan mengatakan refleksi Anda bahwa Anda mencintai Anda. Anda perlu tahu bahwa Anda tidak bisa mengharapkan orang lain untuk membuat Anda bahagia. Anda adalah satu-satunya orang yang bisa membuat Anda bahagia pada akhirnya.

8. Menjadi orang yang optimis . Ini adalah sifat yang membantu Anda apakah Anda lajang, menikah, bercerai atau janda! Buatlah catatan harian ucapan syukur dan setiap malam memikirkan 3 hal yang Anda syukuri. Cari semua hal terbaik dari kegiatan sepanjang hari Anda, dan nikmati semua hal kecil sekalipun. Anda akan hidup lebih lama, lebih baik lagi, hingga bisa melalui masa-masa sulit lebih lancar, dan bahkan menghindari flu biasa lebih sering!

Tips :
* Katakan pada diri Anda bahwa Anda layak dicintai, terutama dirisendiri. Mencintai diri sendiri adalah menerima siapa Anda sekarang dan mengetahui bahwa selalu ada hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat Anda lebih dahsyat dari yang Anda rasakan sekarang. Karena mencintai diri sendiri juga berarti lebih sulit bagi orang lain untuk menyakiti Anda. Penolakan tidak akan lagi membuat Anda tersakiti, karena mereka semua tidak mungkin mencintaimu lebih dari yang Anda lakukan.
* Nilai-hal yang Anda miliki, seperti kreativitas Anda, kecerdasan Anda, teman atau hewan peliharaan Anda serta kemandirian Anda akhirnya bisa ditemukan.
* Jangan duduk-duduk hanya memikirkan apa yang tidak Anda miliki. Sebaliknya, berbahagialah bahwa Anda masih memiliki teman, keluarga, dan kesehatan yang baik.
* Anda tidak perlu lagi bersedih meratapi diri sepanjang waktu jika Anda tidak benar-benar bahagia. Jadilah diri sendiri. Jika baru-baru Anda baru putus, itu ok untuk bersedih ... tetapi tidak untuk waktu yang lama Anda meratapi suatu hubungan yang berakhir. Lagipula, itu tidak adil untuk diri Anda sendiri maupun orang lain sekitar Anda.
* Perhatikan dukungan yang Anda miliki dari orang sekitar, keluarga, teman, atau sahabat yang mungkin bisa merasakan dan mengerti bagaimana perasaan Anda sekarang.

Peringatan :
* Jika Anda akhirnya menemukan membangun suatu hubungan baru dengan seseorang, pastikan bahwa Anda sudah melupakan hubungan terakhir Anda. Ini tidak adil untuk pasangan baru Anda, dan yang pasti juga tidak adil untuk Anda.
* Mungkin hubungan terakhir Anda memang bukan yang terbaik. Mungkin karena pasangan Anda itu kasar atau pencemburu. Dan untuk alasan apa pun, mereka tidak sepatutnya memperlakukan Anda dengan tidak hormat dan pantas dari apa yang layak yang seharusnya Anda dapatkan. Apapun kasusnya, jangan salahkan diri terus menerus untuk suatu perpisahan yang telah terjadi. Jangan menutup diri terus menerus. Baiklah untuk meratapinya sesaat. Namun jika tiba bagi Anda untuk menjalin hubungan lagi, pastikan Anda sudah merasaa siap. Jika Anda masih tidak dapat membuka hati dan percaya, maka itu adalah tanda yang jelas bahwa mungkin Anda masih belum siap. Itu ok. Hanya saja, jangan menjadi pahit hati atau dingin. Memang selalu ada risiko untuk membuka hati Anda dan memang sulit bisa percaya lagi. Tetapi, jangan berhenti mencoba melakukannya, karena Anda tidak hanya merampas hak diri sendiri tetapi juga merampas hak orang lain di luar sana untuk mengenal dan mencintai Anda dan menjalin hubungan yang potensial.
* Ketika melakukan pendekatan dengan seseorang, pastikan untuk tidak berlebihan. Sesuatu yang berlebihan bisa menjadi tidak baik pada akhirnya.


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "Bagaimana menjadi Single dan tetap Bahagia", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "Bagaimana menjadi Single dan tetap Bahagia"

Post a Comment