Nominasi Hitler untuk Hadiah Nobel Perdamaian

Topik Pilihan :

Seperti tersirat dari namanya, Nobel Perdamaian adalah suatu penghargaan bagi mereka yang dikenal duinia dalam usahanya menciptakan perdamaian dunia. Tapi ternyata ada satu hal yang tak lazim, yaitu saat Adolf Hitler diajukan sebagai salah satu nominator penerima Hadiah Nobel Perdamaian.

Walau hanya sekali, Adolf Hitler ternyata memang pernah dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian, yaitu tepatnya pada tahun 1939, setahun setelah dirinya menerima penghargaan dari majalah Times sebagai "Man of The Year". Adolf Hitler, dunia mengenalnya sebagai seorang diktator, juga penjahat perang, dimana kebijakan luar negerinya yang agresif dianggap sebagai penyebab utama pecahnya Perang Dunia II di Eropa, hingga menyebabkan kematian sedikitnya 5,5 juta orang Yahudi , dan jutaan orang lainnya yang dianggap sebagai "ras rendah" olehnya dan para pengikutnya.

Usulan sebagai calon penerima Hadiah Nobel Perdamaian itu ternyata diajukan oleh seorang anggota parlemen Swedia, E.G.C Brandt, dengan maksud sebagai kritik untuk menyindir perdebatan politik saat itu di Swedia. Namun untunglah, niat menyindir Brandt itu tidak bisa diterima dengan baik sama sekali dan nominasi itu lantas dengan cepat ditarik dalam surat tertanggal 1 Februari 1939.


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "Nominasi Hitler untuk Hadiah Nobel Perdamaian", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "Nominasi Hitler untuk Hadiah Nobel Perdamaian"

Post a Comment