50 Fakta Menarik dibalik Facebook

Topik Pilihan :

Facebook adalah media sosial online sangat terkenal di masa sekarang ini. Facebook telah berhasil menjadi media yang menghubungkan seseorang dengan teman dan orang lain dalam lingkungan kerja, belajar dan kehidupan di sekitar. Namun di balik kesuksesan Facebook sebagai media sosial, ada baiknya anda juga tidak melewatkan fakta-fakta seputar Facebook ...

1. Facebook memiliki lebih dari 350 juta pengguna aktif. Lebih dari 35 juta pengguna memperbarui status mereka setiap hari, dengan lebih dari 55 juta update status setiap hari.

2. Lebih dari 2,5 miliar foto yang diunggah ke Facebook setiap bulan.

3. Rata-rata pengguna Facebook memiliki 130 teman dan mengirimkan delapan permintaan teman per bulan.

4. Di hitung dari pengguna di bawah 18, Facebook menduduki peringkat ketiga dari Top 100 pencarian di tahun 2009, di bawah YouTube dan Google.

5. Sebuah survei terbaru dari 500 perguruan tinggi terkenal menemukan bahwa 10% dari petugas penerimaan mengakui melihat situs jejaring sosial seperti Facebook untuk mengevaluasi mahasiswa baru. Tiga puluh delapan persen dari petugas penerimaan mengatakan bahwa apa yang mereka lihat seringnya justru merugikan calon mahasiswa baru itu sendiri.

6. Facebook tidak hanya mengalahkan peringkat MySpace, tetapi juga merupakan situs peringkat kedua secara keseluruhan di AS di belakang Google.

7. Penduduk Amerika menghabiskan 13,9 miliar menit setahun di Facebook dan lima miliar menit di MySpace.

8. Pada tahun 2003, mahasiswa Harvard Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, dimana dia menempatkan foto-foto agar mahasiswa tampak berdampingan agar bisa dipilih yang "terbaik" dari semuanya. Zuckerberg kemudian merubah nama Facemash menjadi Facebook seperti yang kita kenal sekarang ini.
   
9. Pada tahun 2008, seorang wanita 23-tahun bernama Lauren Michaels membuat grup berjudul "I Need S**" di Facebook. Dalam waktu 10 menit, ia berhasil memiliki 35 anggota dimana 50-100 di antaranya akhirnya tidur dengannya. Facebook akhirnya menghapus halaman-nya.

10. Seorang pria Wisconsin berusia 18 tahun berpose seperti beberapa gadis yang berbeda di Facebook, dengan maksud untuk memeras remaja laki-laki di bawah umur dengan tawaran melakukan pelayanan s*****l dan membujuk mereka untuk mengirim foto b**** diri mereka sendiri. Dia akhirnya harus menerima hukuman hingga 300 tahun penjara.

11. Beacon, yang sempat menjadi bagian dari sistem iklan kontroversial Facebook yang melayani informasi tentang aktivitas belanja pengguna di situs lain, menjadi sasaran gugatan class action pada tahun 2009. Hasil penyelesaian memutuskan Facebook untuk membayar $ 9.500.000.

12. Jika Facebook adalah sebuah negara, itu akan menjadi negara terbesar kelima di dunia, setelah China , India , Amerika Serikat, dan Indonesia.

13. Pada tahun 2009, seorang petugas masalah kriminal dengan menggunakan sebuah telepon genggam mengambil gambar dari tubuh seorang wanita New York yang telah dicekik, dipukul, untuk kemudian diposting di profil Facebook-nya. Ia akhirnya ditangkap atas tuduhan pelanggaran kode etik dan dipecat dari pekerjaannya.

14. Kepala Gereja Katolik di Inggris dan Wales memperingatkan bahwa Facebook dan MySpace dapat mengarahkan anak-anak untuk melakukan bunuh diri karena situs tersebut mendorong remaja untuk membangun hubungan sementara dan merendahkan kehidupan sosial masyarakat.

15. Facebook juga memuat kelompok gangguan makan seperti "Get Thin or Die Trying", dan "Quod me nutrit me destruit" ("Apa yang menyehatkan saya dapat menghancurkan saya"). Sementara seperti situs gangguan makan biasanya anonim di Web, hingga tumbuh kehadiran mereka di Facebook membuat mereka lebih umum dan dapat diakses oleh lebih banyak orang.

16. The New Oxford Dictionary mengumumkan bahwa kata terfavorit di tahun 2009 adalah "unfriend," seperti dalam "cara menghapus seseorang sebagai teman di situs jaringan sosial" seperti Facebook. Namun, ada beberapa perdebatan apakah kata yanh tepat harusnya "defriend" ataukah "unfriend."

17. Seorang ayah di Pennsylvania yang berusia 39 tahun ditangkap karena secara terbuka meminta putrinya 13 tahun untuk berhubungan s*** melalui Facebook.

18. Meskipun tidak jelas disebutkan korelasinya, sebuah jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa pengguna Facebook memiliki nilai keseluruhan yang lebih rendah daripada yang bukan pengguna.

19. Meskipun awalnya diciptakan untuk mahasiswa, pengguna Facebook di atas usia 26 sekarang merupakan 60% dari total populasi Facebook AS.
   
20. Rata-rata pengguna Facebook menghabiskan lebih dari 55 menit sehari di situs. Mereka menggunakan tombol Like sembilan kali dalam sebulan dan menulis 25 komentar setiap bulan.

21. Sekitar 70% pengguna Facebook berada di luar Amerika Serikat.

22. Forbes menjuluki Mark Zuckerberg, pencipta / pemilik Facebook, sebagai miliarder termuda di dunia, dengan nilai kekayaan sekitar 1,5 miliar.

23. Suriah, Cina, Vietnam, dan Iran telah melarang Facebook.

24. Pada bulan Desember 2009, ada lebih dari 250 juta pengguna aktif di Facebook, naik dari 1 juta pengguna aktif pada bulan Desember 2004.

25. Tim Sparapani, direktur kebijakan publik di Facebook, menyatakan bahwa ratusan juta orang tidak pernah berhenti dan berpikir tentang konsekuensi dari berbagi informasi secara online.

26. Informasi yang dianggap publik-seperti gambar profil, nama, kota, dan jaringan-tersedia untuk pengembang aplikasi apapun bagi para pengguna Facebook atau teman-teman Facebook mereka.

27. Orang pertama untuk berinvestasi di Facebook adalah salah seorang pendiri PayPal, Peter Thiel, yang menginvestasikan $ 500.000 pada Juni 2004.

28. Pada tahun 2005, orang terkaya di Asia Timur, Li Hu Shing, menginvestasikan $ 120.000.000 dolar dalam Facebook.

29. Pada bulan September 2009, Zuckerberg mengumumkan untuk pertama kalinya bahwa Facebook adalah arus kas positif, yang berarti Facebook menghasilkan lebih banyak uang dibandingkan yang telah dihabiskan.

30. Lamebook.com adalah situs yang diperbarui secara teratur memposting kembali semua posting lucu dan semacamnya dari pengguna Facebook.

31. Di Florida, Komite Penasihat Etika Yudisial setempat memutuskan bahwa hakim di Florida dan para pengacara tidak boleh lagi "berteman" satu sama lain di Facebook.
   
32. Pertumbuhan tercepat segmen Facebook di Amerika Serikat adalah wanita 55 tahun ke atas.

33. Pada bulan Mei 2009, sebuah perusahaan investasi Rusia, Digital Sky Technologies, menginvestasikan $ 200 juta dalam Facebook dengan imbalan saham 1,96% di situs Web.

34. Kembar Tyler dan Cameron Winklevoss mengklaim Zuckerberg mencuri ide mereka setelah mereka menyewanya untuk melakukan pemrograman untuk situs mereka sendiri, Harvard Connect (ConnectU). Kasus ini diselesaikan secara tertutup. Lainnya, seperti sesama mahasiswa, Aaron Greenspan, juga mengklaim mereka menciptakan Facebook.

35. Dinamakan direktori mahasiswa Harvard yang termasuk foto dan profil mahasiswa, Facebook awalnya disebut "Thefacebook" dan terbatas hanya mahasiswa Harvard. Pada tahun 2005, situs ini berganti nama "Facebook."

36. Ketika Facebook mengubah pengaturan privasi pada Desember 2009, foto pribadi Zuckerberg yang terlihat bertelanjang dada, memegang sebuah boneka beruang, dan terlihat seperti "diplester" menjadi milik publik.

37. Departemen kepolisian dan lembaga terkait semakin menggunakan Facebook untuk menangkap para tersangka kriminal.

38. Sebuah program perangkat lunak yang dinamai "gaydar" yang dikembangkan di MIT dilaporkan dapat mengidentifikasi pria gay di Facebook, baik profil pribadi atau tidak.

39. Pada Januari 2009, kampanye iklan dari
Burger King berjudul "WHOPPER Sacrifice" memberikan kesempatan bagi pengguna Facebook sebuah "Angry Whopper" gratis untuk mereka yang bersedia menghapus 10 teman, yang kemudian akan menerima pesan yang menginformasikan mereka dihapus dari pertamanan untuk sebuah hamburger gratis.
   
40. Sebelas persen dari 100 juta pengguna Facebook di AS adalah Afrika-Amerika, 9% adalah Latino, dan 6% adalah orang Asia, yang merupakan refleksi yang cukup akurat dari populasi umum di AS.

41. Seorang karyawan IBM berusia 20 tahun di Kanada kehilangan manfaat cuti sakit dari perusahaan asuransi tempatnya bekerja karena foto di halaman Facebook-nya menunjukkan ke"ceria"annya saat dia sedang cuti sakit, padahal dia dibayar untuk "depresi"nya.

42. Perempuan bisa menjadi rentan terhadap kecemasan dan depresi akibat bercerita terlalu banyak kepada teman-teman mereka di Facebook. Hal ini disebut "co-rumination," akibat seringnya membahas masalah yang sama, yang dapat menyebabkan obsesi yang tidak sehat.

43. Pada tanggal 1 Juli 2009, tak lama setelah Michael Jackson meninggal, halamannya menjadi halaman yang paling populer di Facebook. Sebelumnya, orang yang paling populer di Facebook adalah Presiden AS, Obama dengan lebih dari 6 juta fans.

44. Di Australia ada protokol yang sah untuk melayani pemberitahuan pengadilan untuk terdakwa melalui Facebook. Sebuah panggilan yang diposting di Facebook sudah dianggap mengikat secara hukum.

45, Sebuah situs bernama uSocial menawarkan untuk menjual teman-teman Facebook dan follower Twitter untuk pelanggan. Bahkan setelah pengguna mengajukan berhenti dan berhenti juga dari Facebook, uSocial mengatakan tidak akan menutup layanan si pengguna sepenuhnya.

46. Sebuah posting Facebook pada bulan Desember 2009 menyebabkan sumbangan ginjal.

47. ACLU dan Electronic Frontier Foundation berpendapat bahwa pengaturan privasi yang baru "direkomendasikan" Facebook justru melayani Facebook lebih dari mereka melayani pengguna.

48. Farmville menawarkan lebih dari 60 juta pemain di Facebook. Zynga - pembuat Farmville, Mafia Wars, dan Facebook game lainnya - berhasil meraih pendapatan tahunan lebih dari $ 200 juta.

49. Di Amerika Serikat, 54,7% dari orang usia 13 sampai 17 memiliki akun Facebook.

50. Ada lebih dari 800.000 pengembang membangun aplikasi untuk Facebook.


(sumber)

Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "50 Fakta Menarik dibalik Facebook", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "50 Fakta Menarik dibalik Facebook"

Post a Comment