Ibu ini 'Hamil' selama lebih dari 50 tahun

Topik Pilihan :

Lagi-lagi semuanya berujung pada masalah kemiskinan. Seperti ibu ini yang "terpaksa" harus hamil selama lebih dari 50 tahun dikarenakan keterbatasan biaya.

Huang Yijun, seorang ibu yang kini berusia 92 tahun, menghebohkan dunia setelah ia akhirnya melahirkan seorang bayi yang telah membatu (atau dikenal dengan istilah Lithopedion).

Lithopedion merupakan suatu fenomena medis yang sangat langka, dimana kehamilan gagal namun masih tetap berada dalam tubuh sang ibu. Hal ini memang seringkali dikarenakan masalah ketiadaan biaya yang menjadi penyebabnya. Dalam laporan Journal of Royal Society of Medicine di tahun 1996, hanya ada 290 kasus yang mengalami kondisi seperti itu yang berhasil didokumentasikan sepanjang sejarah literatur medis.

Secara medis, yang terjadi pada ibu Huang Yijun adalah janin telah meninggal daalm rahimnya tersebut akan berubah ke stadium lanjut setelah dinyatakan meninggal. Tetapi karena terlalu besar untuk diserap oleh tubuh, maka sisa-sisa janin atau kantung ketuban sekitarnya perlahan-lahan mengalami pengapuran, dan beralih menjadi batu sebagai cara untuk melindungi tubuh wanita dari infeksi jaringan yang membusuk. Jika tidak ada komplikasi yang terjadi, biasanya sang ibu bisa terus melanjutkan hidupnya, dengan terus membawa janin yang mati itu dalam tubuhnya.

Dan seperti yang dialami ibu Huang Yijun, yang mana dia sebenarnya telah diberitahukan dokter akan kematian janin yang tengah dikandungnya pada tahun 1948 silam. Saat itu dibutuhkan dana sebesar $150 untuk mengeluarkan janinnya. Namun karena keterbatasan biaya, akhirnya dia memutuskan untuk tetap membiarkan janin yang telah mati itu tetap berada dalam tubuhnya, hingga bertahun-tahun lamanya.

"Itu adalah jumlah yang sangat besar pada waktu itu, melebihi pendapatan keluarganya selama bertahun-tahun, jadi saya memutuskan tidak melakukan tindakan apapun dan mengabaikannya," katanya.

"Kehamilan" ibu Huang Yijun itu akhirnya terkuak saat dirinya di-scan setelah mendapat cedera di perutmya. Ketika dokter yang menanganinya melihat sesosok janin dalam perutnya, dokter tersebut akhirnya mendiagnosa dengan Lithopedion.

"Saya tidak percaya mata saya ketika saya menemukan dia memiliki bayi dalam perutnya," kata Dr Liu Anbin, dokter yang mendiagnosa kondisi Huang. "Aku sudah menjadi dokter selama lebih dari 40 tahun dan itu adalah pertama kalinya saya telah melihat sesuatu seperti ini."


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "Ibu ini 'Hamil' selama lebih dari 50 tahun", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "Ibu ini 'Hamil' selama lebih dari 50 tahun"

Post a Comment