Tokoh kartun pertama ciptaan Walt Disney

Topik Pilihan :

Dari berbagai karakter yang berhasil sukses karya ciptan Walt Disney, sebenarnya karakter siapakah yang pertama kali di ciptakan olehnya? Apakah Donald Duck alias Donald Bebek, Mickey Mouse alias Mickey Tikus atau karakter lainnya?

Setelah berhasil dengan kreasi kartun ciptaannya yang diberi nama Mickey Mouse, nama Walt Disney sebagai pencipta tokoh kartun itu semakin dikenal dunia di samping tokoh kartun ciptaannya itu yang kini bahkan telah berhasil menjadi karakter kartun terpopuler dan tersukses sepanjang sejarah.

Tapi sedikit yang orang ketahui bahwa karakter pertama yang diciptakan oleh Walt Disney ternyata bukanlah Mickey Mouse, Donald Duck ataupun karakter-karakter lain ciptaannya yang banyak dikenal saat ini.

Karekter pertama ciptaan Disney bernama Oswald, lengkapnya Oswald the Lucky Rabbit. Karakter tersebut adalah hasil desain bersama antara Walt Disney dengan Ub Iwerk saat mereka berdua masih bekerja sebagai karyawan di studio film Universal.

Pada saat itu mereka memilih menciptakan karakter kelinci (rabbit) dikarenakan pertimbangan karena karakter kucing saat itu telah ada, seperti Felix dan Krazy Kat. Mereka berharap memliki tokoh tersendiri yang bisa lebih menonjol. Untuk nama sendiri pihak Universal yang memberikan dengan mengadopsi dari nama di sebuah topi.

Tapi perjuangan Disney memang tidaklah cukup mulus untuk menghadirkan Oswald. Usaha pertamanya dengan Oswald, yang diberi judul Poop Papa ditolak mentah-mentah oleh pihak Universal. Namun untunglah pada usaha kedua kalinya pihak Universal akhirnya mau menerimanya.

Pada tahun 1928, setahun setelah ia merancang tokoh Oswald, Disney kemudian mendatangi pihak produser, yang saat itu ditangani oleh Charles Mintz, untuk membuat kontrak yang lebih bisa menguntungkan. Sayangnya keduanya tidak mendapatkan titik temu, karena justru Mintz meminta jatah 20 persen dari pendapatan Disney nantinya.

Jika kebanyakan animator saat itu tetap bertahan bekerja sama dengan pihak Universal, tidak demikian halnya dengan Disney dan Iwerk saat itu. Keduanya memutuskan hengkang meninggalkan Universal meskipun dengan konsekuensi harus meninggalkan Oswald, tokoh pertama ciptaan mereka, tetap bersama pihak Universal.

Keputusan untuk meninggalkan Universal itu ternyata sangatlah tepat dan yang terbaik untuk kehidupan Walt Disney sendiri khususnya. Pada tahun yang sama datanglah ide untuk menciptakan karakter Mickey Mouse yang langsung direalisasikan di meja kerjanya di Laugh-O-Gram Studio di Kansas City, Missouri.

Itulah kenyataannya yang cukup mudah untuk menciptakan karakter Mickey, yaitu dengan membuat telinga Oswald menjadi lebih bulat dan sedikit memendekkan hidungnya.

Jadi sekarang telah jelas mengenai siapakah kararter pertama hasil kreasi tokoh kartun dunia, Walt Disney. Dan untuk judul film pertama dari karakter Mickey Mouse sendiri ternyata bukanlah Steam Boat Mickey, meskipun film itu memang yang pertama kali di rilis. Film Mickey Mouse pertama berjudul Plane Crazy, yang dirilis pada tahun 1929, setahun setelah Steam Boat Mickey.

Pada tahun 2006 lalu, barulah Oswald kembali ke pangkuan Disney, setelah dibuat kesepakatan sebelumnya antara Disney dan NBC Universal. Dia juga membuat debut video game bersama Disney, yang berjudul Epic Mickey 2: The Power of Two.

(sumber)

Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "Tokoh kartun pertama ciptaan Walt Disney", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "Tokoh kartun pertama ciptaan Walt Disney"

Post a Comment