10 Rock Band Terbaik dari Jepang

Topik Pilihan :

Tak dapat dipungkiri bahwa band rock Jepang merupakan salah satu sumber utama popularitas J-Pop di dunia internasional. Band-band ini telah membentuk fanbase yang luas, tidak hanya di Asia, tetapi juga di Eropa dan Amerika Serikat. Beberapa dari mereka bahkan telah menandatangani kontrak eksklusif dengan label besar dan rumah-rumah produksi internasional. Mereka juga mampu menjual jutaan kopi album mereka di seluruh dunia.

Pertanyaannya adalah, adakah grup band rock Jepang yang layak untuk disebut sebagai yang terbaik sepanjang masa? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya jika Anda membaca postingan ini secara menyeluruh. Berikut akan Anda simak dengan lebih jelas daftar sepuluh band rock di Jepang yang tidak hanya populer, tetapi mereka juga berhasil merilis lagu dan single yang memiliki kualitas kelas dunia.

10. Alice Nine
Alice Nine adalah kei rock band bergenre visual yang didirikan pada tahun 2004. Saat ini, Alice Nine terdiri dari lima personel:. Shou, Tora, Hiroto, Saga, dan Nao. Mereka mulai karir mereka dalam berbagai kafe kecil sebelum dapat menarik perhatian dari dua label besar, PS Company dan King Records.

Alice Nine akhirnya menjadi hit di Jepang pada tahun 2007 melalui single berjudul "Jewels." Seiring waktu, Alice Nine mulai menjadi lebih dewasa dan berkembang dalam hal gaya musik. Tidak hanya menghadirkan kei rock yang visual, mereka juga menambahkan banyak elemen heavy metal dalam karya-karya terbaru mereka.

9. UVERworld
UVERworld telah berdiri sejak tahun 2003 dan saat ini terdiri dari lima personel. Band ini telah memproduksi lebih dari dua puluh single, dan total penjualan mereka hingga kini telah mencapai lebih dari dua juta kopi di seluruh dunia. Para fans menganggap band ini mampu menghadirkan lagu-lagu mereka dalam gaya hard rock, dan tak hanya itu, lagu-lagu mereka pun sangat mudah untuk mendengarkan.

UVERworld dipimpin oleh vokalis mereka, Takuya Shimizu. Selain sebagai vokalis utama, Takuya juga sering nge-rap dan menjadi programmer untuk lagu bagi band mereka. Kekuatan vokal Takuya dianggap sebagai kekuatan utama UVERworld yang membuat mereka berbeda dari pesaing mereka yang lain.

8. Versailles
Eksentrik, namun elegan. Versailles adalah sebuah visual kei band Jepang yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Banyak cendekiawan percaya bahwa band ini memiliki gaya yang berbeda dari kebanyakan band J-rock. Band ini menghasilkan berbagai lagu yang sangat kreatif, dalam hal presentasi musik, pertunjukan panggung, serta video musik.

Band ini didirikan pada tahun 2007 dan sayangnya secara resmi dibubarkan pada tahun 2012. Tapi meskipun mereka kini sudah tidak lagi aktif di dunia musik Jepang, lagu-lagu Versailles masih sering terdengar di konser, dinyanyikan oleh band-band lain yang juga mengagumi musik mereka.

7. Girugamesh
Dibentuk pada tahun 2003, Girugamesh adalah kelompok yang membawa genre musik Nu Metal. Kelompok ini menyajikan banyak lagu-lagu hard rock murni. Saat ini, Girugamesh terdiri dari empat personil dan memiliki penggemar dari seluruh dunia. Band ini dipimpin oleh Shu, seorang bassist yang telah aktif di dunia musik sejak ia masih duduk di perguruan tinggi.

Girugamesh mencapai popularitas tertinggi pada tahun 2007 melalui album berjudul "Reason of Crying". Album ini mendapat respon yang sangat positif, terutama dari penggemar musik rock Eropa. Sejak itu band ini sering diundang untuk menghadiri berbagai konser musik rock internasional.

6. Dir En Grey
Dibentuk pada tahun 1997, popularitas Dir En Grey sebagai sebuah band rock Jepang masih bertahan sampai hari ini. Kelompok ini dipuji oleh banyak orang karena sudah mampu melakukan tur di berbagai negara asing, termasuk Amerika Serikat tanpa harus memasukkan lagu yang berbahasa Inggris. Mereka benar-benar menunjukkan bahwa musik adalah bahasa universal yang dituturkan oleh semua orang di seluruh dunia.

Dir En Grey saat ini terdiri dari lima anggota dan dipimpin oleh Kyo, vokalis karismatik. Sejauh ini, Dir En Grey telah merilis delapan album studio. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang musik mereka, Anda sebaiknya mendengarkan Gauze, Kisou, and Uroboros; karena album-album tersebut sangat menakjubkan yang menunjukkan karakter sebenarnya dari grup musik ini.

5. One Ok Rock
Band ini tidak begitu populer bila dibandingkan dengan band-band lain dalam daftar ini. Namun begitu, One Ok Rock sungguh memiliki kualitas luar biasa. Band ini dibentuk pada tahun 2005 dan saat ini terdiri dari lima anggota. Toru Yamashita, mendirikan band ini ketika ia masih seorang siswa SMA.

Mimpi Toru Yamashita menjadi kenyataan ketika ia mendapat kesempatan untuk membuat sebuah band rock. Dia menemukan lima anak-anak lain yang juga sangat berbakat, hingga mereka sepakat membentuk One Ok Rock. Dikarenakan ia adalah orang yang memiliki inisiatif kuat untuk membentuk kelompok musik, Toru yang berposisi sebagai gitaris terpilih sebagai pemimpin One Ok Rock.

4. The GazettE
Dengan lima personil berbakat, The GazettE masih dianggap sebagai salah satu band rock terbaik Jepang yang pernah ada. Band ini didirikan pada tahun 2002 dan telah merilis berbagai lagu yang mendominasi chart musik di Jepang. Meskipun hal itu tidak bisa dinilai sangat populer dan justru sangat dikritik di awal tahun, The GazettE akhirnya berhasil dikenal sebagai salah satu grup rock terlaris dalam sejarah J-Pop.

Sepanjang karirnya, The GazettE hanya pernah mengalami perubahan salah satu personil. Pada saat itu, Yune yang menjabat sebagai drummer pada tahun 2003. Perannya digantikan oleh Kai, drummer keren dan super berbakat yang berhasil memainkan peran utama dalam keberhasilan band saat ini.

3. X Japan
Dibandingkan dengan semua band di daftar ini, X Japan adalah grup musik yang paling senior. Kelompok ini telah berdiri sejak tahun 1982 namun kemudian bubar pada tahun 1997. Setelah mengalami masa kekosongan selama beberapa waktu, X Japan kembali muncul di industri musik J-Pop pada tahun 2007 dan merilis berbagai album dan single sampai saat ini.

X Japan juga berhasil menandingi popularitas berbagai band rock dari negara-negara Barat dan memiliki jutaan penggemar dari seluruh dunia. Tidak hanya itu, kualitas musik band ini juga dianggap meningkat dari tahun ke tahun.

2. SCANDAL
Dari semua band rock Jepang dalam daftar ini, SCANDAL adalah satu-satunya yang memiliki personel yang semuanya wanita. Band ini didirikan pada tahun 2006 dan telah mengisi lagu untuk soundtrack dari berbagai anime populer Jepang, seperti Bleach dan Fullmetal Alchemist. Karena itulah tak mengherankan jika kelompok ini memiliki fanbase internasional yang sangat besar.

SCANDAL terdiri dari empat anggota, yaitu Haruna Ono, Mami Sasazaki, Tomomi Ogawa, dan Rina Suzuki. Tidak hanya cantik, personil band ini juga memiliki kemampuan musik yang sangat baik. Mereka bahkan bisa disebut sebagai salah satu band rock wanita yang terbaik di dunia.

Pastinya Anda pun tidak sabar untuk melihat bagaimana popularitas SCANDAL bertumbuh di tahun-tahun berikutnya. Dari segi kualitas musik, mereka memiliki potensi untuk mengungguli grup idola Jepang atau Korea seperti AKB48 atau Girls Generation. Satu-satunya faktor yang membuat mereka kurang populer dibanding kelompok-kelompok yang telah disebutkan sebelumnya adalah genre musik yang mereka usung. Mungkin Anda akan setuju bahwa rock bukan jenis genre yang dapat dengan mudah dijual. Namun demikian diharapkan SCANDAL yang akan memiliki kesempatan lebih untuk menunjukkan bakat mereka ke dunia internasional dengan melakukan lebih banyak konser di luar negeri.

1. L'Arc-en-Ciel
Didirikan pada tahun 1991 di Osaka, popularitas L'Arc-en-Ciel di industri hiburan internasional tidak lagi diragukan. Band ini mencapai puncak ketenaran pada tahun 1998 ketika sebuah single berjudul "Winter Falls" yang berhasil menduduki tempat pertama di tangga lagu Oricon. Setahun kemudian, mereka merilis dua album berjudul "Ark" dan "Ray." Album tersebut tidak hanya dirilis di Jepang, tetapi juga di seluruh dunia.

Setelah menjalani kekosongan selama periode 2001-2003, L'Arc-en-Ciel membuat gebrakan kembali pada tahun 2004 dengan melakukan konser di seluruh Amerika Serikat. Konser ini terbukti bermanfaat dalam meningkatkan popularitas internasional mereka. Mengingat prestasi dan popularitas, L'Arc-en-Ciel tentunya layak untuk mendapat predikat sebagai band rock Jepang terbesar sepanjang masa.


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "10 Rock Band Terbaik dari Jepang", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

5 Tanggapan untuk "10 Rock Band Terbaik dari Jepang"

  1. I think you missed something.... maybe much... overall you posts here are the rocks band.
    di jepang perkembangan rock sudah mencapai kemajuan...
    ngaku knowing the real rock bands klo udah dengerin lagu2 dari band2 jepang internasional ini :

    1. Loudness - w/ Minoru Niihara vocalized and Akira Takasaki as the legend guitarist (1980 - sekarang) pelopor heavy metal in japan

    2. Sly - w/ Minoru Niihara vocalized (1995 - 2000) continued to Loudness in 2000

    3. One Ok Rock (2006 - sekarang) best rock band right now - w/ Taka vocalized as the best rock japanese vocalist

    4. X-Japan (1990 - sekarang) the one of high rating rock band legend

    5. menurut saya L'arc En ~Ciel ada di posisi ini (1990an - sekarang)

    OPEN YOUR MINDS, Broo....!!
    pelajari what's the real rocks... mereka itu legends, the legends never die... keep rock kawans...
    We Will Rock You....!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, Thank's buat informasi tambahannya. Semoga bermanfaat buat para pembaca serta fans musik Rock lainnya.

      Delete
    2. yaaaa itu sih menurut lo aja,,,,
      tapi kalo searching di web indo & luar. Laruku no.1

      yaa tapi terserah aja sih, selera tiap org beda2

      Delete
  2. Loudness (ラウドネス Raudonesu?) is a Japanese metal band formed in 1981 by guitarist Akira Takasaki and drummer Munetaka Higuchi.[1][2] They were the first Japanese heavy metal act signed to a major label in the United States, releasing twenty-six studio albums (five in America) and nine live albums by 2014 and reaching the Billboard Top 100 in their moment of maximum international popularity, as well as charting on Oricon dozens of times.[1][3] Despite numerous changes in their roster, the band continued their activities throughout the 90s, finally reuniting the original line-up in 2001. On November 30, 2008 original drummer Munetaka Higuchi died from liver cancer at a hospital in Osaka at age 49. He was replaced with Masayuki Suzuki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip. Kebetulan saya juga menyukai lagu2 dari Loudness. Thank's buat info serta perhatiannya.

      Delete