10 Situs Dotcom Terbesar yang Diambil-Alih Kepemilikannya

Topik Pilihan :

Perkembangan di dunia internet membuat harga-harga saham turut semakin naik. Demikian juga halnya dengan berbagai situs dotcom yang semakin banyak diminati oleh para pengguna internet. Berikut daftar 10 situs dotcom terbesar yang telah beralih kepemilikannya kepada perusahaan lain yang juga tak kalah besar dan suksesnya.

credits: www.novaplus.de
10. Paypal

Sejak awal didirikan, perusahaan ini telah dikenal dunia sebagai perusahaan yang khusus bergerak di bidang pembayaran online. Dan dengan semakin dikenalnya situs ini membuat persaingan yang ada dengan situs sejenis lainnya dengan mudah dikuasai. Pada tahun 2002, Paypal telah menjadi pilihan metode pembayaran yang dilakukan oleh sekitar 50% dari pengguna eBay. Hal inilah yang akhirnya membuat eBay memutuskan untuk membeli situs ini dengan nilai $ 1.5 miliar. Dan meskipun hingga kini masih harus menghadapi berbagai kompetisi, Paypal masih tetap kokoh berdiri hingga bisa dikatakan sudah memonopoli atas semua cara pembayaran online.

credits: www.scripophily.com
9. Overture Services Inc.

Overture Services Inc. atau GoTo.com merupakan salah satu situs yang pertama kalinya bergerak di bidang jasa penempatan online, dan Yahoo merupakan salah satu pelanggan terbesarnya. Itu sebabnya yang akhirnya membuat Yahoo akhirnya membutuhkan sekitar $ 1.63 miliar untuk mengambil alih Overture pada tahun 2003. Layanan ini sekarang berganti nama dan dikenal sebagai Yahoo Search Marketing.

credits: marketingsocialmedia.de
8. Youtube

Memang pantas jika disebutkan bahwa kehadiran situs berbagi video Youtube telah membuat subkultur baru dalam dunia internet. Sejak awal peluncurannya pada tahun 2005 silam, situs ini dengan mudah mencapai popularitasnya, hingga tercatat dalam satu tahun, ada sekitar 65.000 video baru yang di-upload setiap harinya. Hasilnya bisa ditebak dengan mudah, Google segera melirik situs ini dan memutuskan untuk mengakuisisinya dengan nilai $1.65 miliar. Saat ini Youtube telah menjadi situs ketiga yang paling banyak dikunjungi pemakai internet.

credits: blogs.pcworld.com
7. CNET Networks

Sejak awal diluncurkannya pada tahun 1994, CNET Networks pengaruh besar atas media web. Situs ini pun akhirnya diakuisisi oleh CBS pada tahun 2008 dengan nilai $1.8 miliar yang pada saat itu telah memiliki sekitar 200 juta pengunjung unik setiap bulannya.

credits: www.vexeo-blog.de
6. Ask.com

Mesin pencari Q&A ini pernah menjadi salah satu mesin pencari yang paling berpengaruh di dunia internet, hingga menyebabkan keseriusan InterActiveCorp untuk mengakuisisinya dengan nilai $ 1.85 miliar. Tapi perusahaan ini akhirnya segera menyadari bahwa mereka telah membeli 'seekor gajah putih' hingga akhirnya membuat mereka melakukan outsourcing teknologi untuk pihak ketiga yang tidak ditentukan.

credits: touch-news.de
5. Skype

Meskipun belum berhasil menyaingi Voice Over IP lainnya, tapi Skype dianggap telah berhasil membuat sebuah revolusi di bidang komunikasi internet dengan protokol proprietary kinerja tinggi. Perusahaan yang awalnya berbasis di Swedia ini awalnya dimiliki oleh pengembang Estonia, hingga akhirnya diakuisisi oleh eBay pada tahun 2005 dengan nilai $ 2.5 miliar. Tak lama setelah itu, eBay kembali menjual Skype kepada sebuah konsorsium dengan nilai $ 2.75 miliar.

credits: blogit.realwire.com
4. WebEx

Merupakan salah satu pelopor dari kolaborasi online, WebEx berhasil menciptakan sebuah perangkat lunak pertama dengan kemampuan browsing secara offline. Perusahaan ini akhirnya diakuisisi oleh Cisco dengan nilai $ 3.2 miliar.

credits: patchcamp.com
3. Geocities

Layanan webhosting akhirnya berhasil mencapai puncaknya di dunia internet. Didirikan pada akhir tahun 1994, Geocities diam-diam diambil-alih oleh Yahoo dengan nilai sebesar $ 3.7 miliar pada tahun 1997. Namun sayangnya, seperti situs lainnya yang juga diambil-alih oleh Yahoo, situs ini tidak pernah lagi menguntungkan. Hingga saat ini, hanya Geocities Jepang yang masih bertahan.

credits: 11tech.files.wordpress.com
2. Netscape

Netscape pernah menjadi salah satu browser yang paling dominan di dunia internet, tapi akhirnya harus kalah telak oleh Internet Explorer. Sejak diakuisisi oleh AOL pada tahun 1998 dengan nilai $ 4.2 miliar, hingga 'dibubarkan' pada 2003, warisan Netscape tetap berlanjut, dan Mozilla pun akhirnya bangkit dari 'abu'.

credits: media.cnbc.com
1. Broadcast.com

Mulai dikenal dengan nama AudioNet, perusahaan radio web ini semakin dikenal dunia, membuat Yahoo tertarik untuk mengakuisisi perusahaan ini dengan saham senilai $ 5.7 miliar. Sekarang jika Anda berusaha mengakses situs ini, maka Anda akan diteruskan ke Yahoo.com.


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "10 Situs Dotcom Terbesar yang Diambil-Alih Kepemilikannya", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "10 Situs Dotcom Terbesar yang Diambil-Alih Kepemilikannya"

Post a Comment