Bagaimana Layar Sentuh atau Touchscreens bekerja?

Topik Pilihan :
touchscreens

Hampir semua perangkat, gadget khususnya, yang diproduksi pada saat ini telah menggunakan layar sentuh atau lebih dikenal dengan sebutan touchscreens. Dan bagi Anda yang masih penasaran dengan bagaimana cara layar itu bisa me-respon sentuhan yang kita berikan, inilah penjelasannya yang terbagi ke dalam dua macam layar sentuh yang beredar saat ini:

Layar sentuh resistif (Resistive touchscreens)
Digunakan oleh beberapa merek terkenal seperti Samsung, HTC, dan LG. Dipakai juga di berbagai mesin ATM, mesin kasir supermarket, mesin tanda tangan elektronik, dan lainnya. Layar sentuh resistif memiliki panel kaca yang ditutupi dengan konduktif dan lapisan logam resistif. Kedua lapisan yang ada tersebut dipisahkan oleh spacer, dan arus listrik berada di antaranya ketika layar dioperasikan. Ketika pengguna menyentuh layar, kedua lapisan melakukan kontak di tempat tersebut. Perubahan tegangan listrik serta koordinat titik kontak yang menginformasikan tempat sentuhan itu terjadi kemudian diterjemahkan oleh driver perangkat tersebut menjadi bahasa yang dapat dimengerti oleh operating sistem (OS) untuk menjalankan program yang diinginkan oleh pengguna.

Layar sentuh kapasitif (Capacitive touchscreens)
Bisa ditemui pada perangkat iPhone, Droid Eris dan Blackberry Storm. Juga banyak digunakan oleh berbagai smartphone lainnya. Layar sentuh kapasitif memiliki layar kaca yang ditutupi oleh lapisan konduktor transparan yang menyimpan muatan listrik. Di saat pengguna menyentuhkan jari (yang juga konduktif) ke layar, medan listrik yang ada akan mendistorsi bagian itu dan perangkat akan mencari dimana koordinat sentuhan itu untuk selanjutnya mengirimkan informasi tersebut ke operating sistem. Kelemahan terbesar dari layar sentuh kapasitif ini adalah biasanya tidak dapat bekerja dengan baik, atau bahkan tidak bekerja sama sekali, saat jari-jari pengguna tertutup oleh bahan isolasi elektrik, seperti sarung tangan. Tapi Anda tidak perlu merasa kuatir, karena Anda masih bisa mencari sarung tangan yang bersifat kapasitif, atau yang terbuka pada ujung jarinya.


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "Bagaimana Layar Sentuh atau Touchscreens bekerja?", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "Bagaimana Layar Sentuh atau Touchscreens bekerja?"

Post a Comment