15 Girl Band Terbaik di Jepang

Topik Pilihan :

Girlband adalah sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa wanita muda berbakat yang akhirnya menjadi idola di kalangan anak muda dengan keahlian mereka dalam menggabungkan nyanyian, tari, modeling, akting, serta hal-hal lainnya yang berhubungan erat dengan industri hiburan. Komoditas kelompok ini adalah single musik, album, photobook, DVD, serta sesi meet-and-greet dengan fans.

Telah banyak girlband atau grup idol yang berhasil dibentuk di Jepang. Mereka bahkan menjadi wakil dari budaya pop Jepang di mata masyarakat internasional. Pertanyaannya adalah, siapa yang terbaik di antara mereka?

Dalam lima tahun terakhir, industri grup idola didominasi oleh "Group48," sebuah kelompok yang terdiri dari AKB48, NMB48, SKE48, HKT48, dan Nogizaka46 dan didirikan oleh Yasushi Akimoto. Tapi jangan salah, selain dari orang Group48, ada banyak kelompok idola Jepang lainnya yang berhasil meraih sukses dan mampu bersaing dengan grup idol lainnya. Berikut nama-nama grup idola yang mungkin saja salah satunya memang menjadi favorit Anda.

15. Nogizaka46
Didirikan oleh bos besar Group48, Yasushi Akimoto, Nogizaka46 adalah grup idola khusus yang dibentuk untuk menjadi saingan dari AKB48. Meskipun saat ini ketenaran Nogizaka masih jauh dari rival mereka, popularitas Nogizaka46 perlahan mulai naik. Mereka telah memiliki fanbase yang cukup besar, lagu yang juga cukup populer, dan bahkan mereka memiliki acara radio dan variety show sendiri. Sangat besar kemungkinana bagi mereka berpotensi untuk menjadi "the next big thing" dalam industri J-pop.

14. Shiritsu Ebisu Chuugaku
Sistem menciptakan "kelompok saudara" tidak hanya diterapkan oleh Group48, tetapi ternyata juga diterapkan dalam kelompok idola lainnya. Shiritsu Ebisu Chuugaku adalah saudara dari Momoiro Clover Z, dibentuk di bawah pengelolaan Stardust Promotion. Saat ini, Shiritsu Ebisu Chuugaku terdiri dari sembilan anggota. Para anggota (kebanyakan masih duduk di bangku SMP) lebih menekankan pada kesan imut, lugu, dan menggemaskan seperti hubungan persaudaraan. Lagu terbaik mereka yang layak untuk Anda dengarkan adalah "Hashire motto," "Ume," dan "Karikeiyaku no Cinderella."

13. HKT48
HKT48 didirikan di Hakata, Fukuoka, dan itu adalah adik bungsu dari AKB48 di Jepang. Banyak penggemar merasa bahwa HKT48 memiliki banyak kesamaan dengan AKB48 pada awal kemunculan mereka di industri hiburan. Kelompok ini semakin banyak meraih perhatian dari publik setelah anggota dari AKB48, Rino Sashihara ditransfer ke sana. Rino mengambil peran sebagai Manajer Teater dan dia membawa kesuksesan ke grup ini ketika ia berhasil memenangkan Senbatsu Sousenkyo (Pemilihan untuk menentukan anggota yang paling populer di Keluarga48) 2013 sebagai wakil dari HKT48.

12. S/mileage
S/mileage dibentuk oleh Hello! Project, sebuah perusahaan yang secara aktif selalu mencoba untuk membentuk sebuah grup idola di hampir setiap tahun. Nama kelompok berarti "masanya tersenyum" atau "periode penuh senyum". S/mileage terdiri dari empat anggota pendiri, Wada Ayaka, Maeda Yuuka, Fukuda Kanon, dan Ogawa Saki. Meskipun dari segi penjualan CD mereka tidak dapat dikatakan terlalu baik, namun kualitas lagu-lagu mereka cukup baik.

11. Fairies
Fairies dibentuk pada tahun 2011 dan saat ini terdiri dari tujuh anggota. Kelompok ini menarik perhatian para penggemar J-pop ketika pada tahun 2011 mereka memenangkan penghargaan sebagai Best Newcomer Music Group, mengalahkan nama-nama yang lebih populer seperti 2NE1 dan Super Girls. Para anggota Fairies lahir antara tahun 1996-1998 dan mereka diwakili oleh warna tertentu yang mereka selalu memakai dalam live performance. Anggota favoritnya adalah Fujita Miria, yang merupakan model eksklusif untuk produk bernama Nicole Petit.


10. Passpo☆
PASSPO mencuri banyak perhatian ketika single perdana mereka, "Shoujo Hikou" berhasil menduduki posisi pertama di tangga lagu Oricon pada tahun 2011. Meskipun single mereka berikutnya gagal mengulang prestasi yang sama, PASSPO sudah berhasil dianggap sebagai salah satu grup idola Jepang yang memiliki potensi untuk diakui secara internasional. Kelompok ini terdiri dari sembilan anggota, dan anggota yang paling terkenal adalah Makoto Okunaka yang telah membintangi Kamen Rider seri Wizard.
 
9. Berryz Kobo
Satu grup idola yang dibentuk oleh Hello! Project. Kelompok ini telah berdiri sejak tahun 2004, tetapi mereka harus menunggu sampai 2011 untuk mendapatkan pengakuan dari industri hiburan Jepang. Itu adalah saat ketika mereka menduduki posisi teratas di tangga lagu Oricon dan menggelar konser pertama mereka di Amerika Serikat. Berryz Kobo saat ini terdiri dari tujuh anggota dan telah merilis 33 single utama. Pada saat ini, Saki Shimizu adalah kapten grup dan anggota paling terkenal dari Berryz Kobo.


8. Idoling!!! 
Idoling!!! adalah kelompok yang dibentuk oleh Fuji TV yang sering bekerja sama dengan AKB48 di berbagai variety show. Idoling!!! saat ini terdiri dari 25 anggota, dimana setiap anggota mewakili nama bunga. Anggota yang paling terkenal adalah Mai Endo yang telah bergabung sejak audisi generasi pertama Idoling!!!. Selain single mereka dan pertunjukan live, salah satu media promosi utama Idoling! adalah program khusus mereka yang ditayangkan di Fuji TV dan telah mencapai lebih dari 1.000 episode.

7. NMB48
Berbasis di Namba, Osaka; NMB48 adalah adik kelompok AKB48 yang diisi dengan banyak personil cantik dan berbakat. Beberapa nama seperti Sayaka Yamamoto dan Miyuki Watanabe bahkan dianggap populer sebagai anggota senior AKB48. Dari segi kualitas vokal, banyak orang berpikir bahwa NMB48 lebih baik dari AKB48.

6. SUPER ☆ GiRLS
SUPER GiRLS adalah grup idola yang dibentuk di bawah manajemen Avex. Proses audisi kelompok ini secara terbuka ditayangkan di stasiun TV nasional Jepang. SUPER GiRLS memulai debutnya pada tahun 2010, saat dunia idola remaja di Jepang mencapai puncaknya. Kelompok ini memiliki 12 anggota yang sangat cantik dan energik. Tanda-tanda kesuksesan SUPER GiRLS mulai terlihat dalam dua tahun terakhir. Pada bulan Desember 2013 bulan lalu, mereka bahkan merilis tiga single sekaligus dalam satu bulan, yang berhasil mendapatkan tanggapan yang cukup baik dari banyak penggemar J-Pop.
5. C-ute
Memulai debut pada tahun 2007, C-ute bisa dibilang memiliki bakat yang cukup bagus. Grup idola ini berhasil memenangkan penghargaan sebagai pendatang baru terbaik di Japan Record Award 2007. Pada tahun berikutnya, mereka berhasil mendapatkan nominasi sebagai penerima penghargaan aktris terbaik. Pada 2013, kelompok yang dikapteni oleh Maimi Yajima akhirnya muncul sebagai pesaing utama untuk AKB48, ketika semua single utama mereka berhasil mencapai top 10 peringkat di tangga lagu Oricon.

4. SKE48
SKE48 adalah adik kelompok serta pesaing terbesar AKB48 saat ini. Berbasis di Sakae, Nagoya, SKE48 bahkan memiliki kelompok penggemar hardcore. Penggemar SKE48 bahkan dianggap lebih hardcore dari AKB48. Banyak orang bahkan berpikir bahwa kualitas tari dan vokal dari SKE48 lebih baik dari AKB48. Beberapa anggota seperti Jurina Matsui Rena dan Matsui juga berhasil mendapatkan posisi penting dalam industri hiburan di Jepang. Satu hal yang pasti, SKE48 adalah bukti keberhasilan Yasushi Akimoto dalam membangun waralaba dari grup idola.

3. Morning Musume
Dibandingkan dengan semua nama dalam daftar ini, Morning Musume bisa disebut sebagai kelompok yang paling senior. Kelompok ini telah berdiri sejak tahun 1997. Selama bertahun-tahun mereka menduduki posisi nomor satu sebagai grup idola terbaik di Jepang sebelum akhirnya posisi ini diambil oleh AKB48 pada awal 2010. Morning Musume saat ini terdiri dari sepuluh anggota dan kapten dipimpin oleh Sayumi Michisige. Akankah kelompok ini berhasil mengembalikan kejayaan mereka di awal 2000-an dengan menurunkan AKB48 dari takhtanya?.

2. Momoiro Clover Z
Dalam hal popularitas, Momoiro Clover Z adalah kelompok yang dianggap mampu menyalip Group48 dalam waktu dekat. Hal ini karena mereka memiliki konsep yang benar-benar segar dan berbeda. Pada saat ini, sebagian besar anggota grup idola menjual citra imut, anggota yang tampil lugu dalam seragam sekolah. Seperti melawan arus, Momoclo Z justru mengadopsi "sentai," tema, membuat anggotanya mengenakan kostum futuristik dengan gaya anime dan menyanyikan musik techno modern. Momokuro juga menggabungkan balet, senam, dan berbagai gerakan dalam film-film aksi dalam koreografi tarian mereka.

1. AKB48
Ini adalah fakta yang tak terbantahkan bahwa predikat grup idola terbaik saat ini di Jepang harus diberikan kepada AKB48. Sejak Oktober 2013, penjualan single grup ini selalu berhasil melampaui satu juta kopi penjualan. Para anggota AKB48 juga mendominasi dunia hiburan Jepang, di mana nama-nama seperti Itano Tomomi, Shinoda Mariko, Oshima Yuko, Kashiwagi Yuki dan Watanabe Mayu selalu bergantian muncul sebagai model, bintang iklan, aktris drama, presenter, bintang film, dan penyanyi. Selain pertunjukan live dan single, penggemar juga bisa berinteraksi dengan anggota AKB48 melalui acara-acara temu fans dan menikmati penampilan mereka setiap hari di teater yang terletak di Akihabara. Tidak hanya itu, setiap tahun ada juga pemilihan anggota paling populer berdasarkan voting fans. Didukung oleh perencanaan manajemen yang sangat cerdas, promosi yang solid, dan anggota sangat imut, tampaknya dominasi AKB48 akan berlangsung untuk waktu yang lama.


Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "15 Girl Band Terbaik di Jepang", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "15 Girl Band Terbaik di Jepang"

Post a Comment