10 Wanita Pembalap Motocross Terbaik di Dunia

Topik Pilihan :

Motocross sebagai sebuah olahraga yang terbilang cukup ekstrim hingaa saat ini memang lebih banyak di dominasi oleh kaum pria. Namun keterlibatan wanita tak lagi bisa dipungkiri. Para wanita ini seolah ingin ikut menunjukkan jati diri mereka bahwa mereka pun tak kalah hebatnya saat mengendarai sebuah sepeda motor. Rintangan sulit dan aksi menakjubkan membuat seolah para wanita ini tengah menari bersama dengan kendaraan yang mereka tunggangi. Dan berikut daftar 10 pembalap motocross terbaik di dunia. Kami mengundang Anda juga untuk ikut aktif memberi masukan atau tanggapan dengan berkomentar di kolom bawah artikel/postingan ini.

10. Stephanie Laier
Steffi, demikian nama panggilannya, lahir di Heidelberg, Jerman, pada 8 Agustus 1985. Wanita yang memiliki tinggi badan 1.74m ini mengaku tidak memiliki sirkuit favorit, namun dia sangat suka mendalami teknik serta jalur lintasan yang harus dilaluinya. Selain meraih gelar FIM WMX World Champion 2005, 2009, 2010, 2011, FIM Motosports Women Of The Year 2010, Steffi juga memiliki 7 gelar juara (di Amerika), 6 gelar Eropa (di MX dan Enduro) serta banyak lagi penghargaan di kejuaraan Jerman lainnya. Sarannya untuk wanita muda yang ingin bersaing di dunia motorcross, "Jangan pernah menyerah untuk wujudkan mimpi Anda !".

9. Ashley Fiolek
Lahir pada tanggal 22 Oktober 1990, Ashley adalah seorang pembalap motorcross tunarungu di ajang Women’s Motocross Association (WMA). Balapan dengan plat nomor 67 dan 1, dia adalah juara Nasional Pro WMX 2008 setelah kemenangan profesional pertamanya di WMA Pro National Hangtown. Ashley Fiolek juga telah memenangkan banyak balapan di musim 2009, termasuk Moto 1 di Hangtown dan dua kejuaraan lainnya di Glen Helen. Dia mengulangi kesuksesannya dalam ajang kejuaraan Nasional WMX Pro di tahun 2009 dengan menyelesaikan 7 seri balapan di sirkuit Steel City Raceway di Delmont, Pennsylvania pada September 5, 2009 Namun sayangnya ia harus menghentikan lomba ini dengan fraktur tulang selangka akibat terjatuh saat perlombaan. Dia kemudian memenangkan WMX Pro Nationals lagi pada tahun 2011 Pada tahun 2012, ia kembali terjatuh dan mengalami gegar otak serta patah.tulang ekor Akibatnya saat itu ia tidak dapat mengikuti kejuaraan di High Point, Morris Mountain, PA. Setelah hampir satu bulan beristirahat untuk kembali memulihkan kondisi kesehatannya, ia kembali ke sirkuit balap di Redbud MX, di negara bagian asalnya yaitu Michigan, di mana dia mulai bersiap untuk seri balap berikutnya. Dia akhirnya berhasil menyelesaikan keseluruhan untuk 3 seri balapan berikutnyam yaitu: Redbud, Mi Washougal, Wa, dan Southwick, Ma. Terakhir ia mengikuti Kejuaraan Nasional WMX Pro 2012 di Lake Elsinore, Ca.

8. Stefy Bau
Wanita kelahiran 14 Februari 1977 ini merupakan wanita pertama yang berhasil memenangkan setiap putara dalam Kejuaraan Nasional WMA. Dia memiliki 7 gelar Kejuaraan Nasional Italia, 5 gelar Kejuaraan Nasional Amerika, serta 3 gelar Kejuaraan Dunia Wanita. Tahun 1999 merupakan tahun keberuntungan bagi Stefy, karena ia berhasil merebut gelar dalam setiap pertandingan yang diikutinya di seluruh dunia. Ia juga akhirnya diminta untuk menjadi figur dalam videogame yang diproduksi oleh EA Sport yang berjudul Supercross 2000. Ia juga terjun dalam sirkuit balap profesional di Amerika Serikat menghadapi para pria. Pada tahun 2003, untuk pertama kalinya dalam sejarah balap motorcross, Stefy mendapat penghargaan dari produsen helm M2R dengan membuat helm bertanda tangan dirinya yang dijual hingga ke seluruh dunia. Selama karirnya, ia telah banyak merebut banyak gelar kejuaraan, termasuk kejuaraan Loretta Lynn Womens di tahun 2001. Saat ini ia telah mendirikan sekolah balap motorcross yang diberi nama 211 MX School.

7. Tarah Gieger
Lahir pada 18 September 1985. Tarah memulai karir balapnya di dunia profesional pada tahun 2003. Dia berhasil memenangkan Kejuaraan Motocross Nasional Loretta Lynn AMA di tahun 2004, 2006 dan 2007. Di tahun 2007, ia juga menjadi pembalap wanita pertama yang pernah bersaing di ajang kejuaraan Motocross des Nations, dan selanjutnya pada tahun 2008, ia mengikuti event supercross wanita pertama dalam X Games. Tahun berikutnya, patah pergelangan tangan menghentikan tekadnya untuk meraih salah satu medali dari X Games. Namun pada tahun 2010, kembali ia bergabung dengan tim balap motocross Troy Lee Design, Lucas Oil, dan Honda. Setelah itu, Tarah akhirnya berhasil meraih medali perak di ajang supercross wanita dalam X Fames untuk dua tahun berturut-turut, yaitu 2010 dan 2011. Pada tahun 2013 lalu, ia berhasil finish di urutan ke empat dalam ajang Ford Women’s Enduro X Final, salah satu ajang kompetisi X Games di Barcelona.

6. Lisa Akin-Wagner
Lahir dalam sebuah keluarga pembalap motocross pada 12 Februari 1964, menjadikan wanita ini menjadi salah satu wanita yang paling banyak memenangkan kejuaraan dalam sejarah motocross.Lisa memenangkan 5 gelar dalam ajang Loretta dengan berbagai pertempuran epik melawan pembalap WMX legendaris Mercedes Gonzales. Dengan bergabungnya dengan Team Dynamic, ia tercatat menjadi seorang wanita mungil dari Michigan yang tahu cara untuk terbang dengan menggunakan sepeda motor trail. Kelincahannya dalam mengendarai sepeda motor mampu mengalahkan para pria dengan mudahnya hingga tak jarang membuat para pria itu harus keluar dari treknya. Lisa Akin akhirnya menikah dengan seorang pembalap motocross berbakat lainnya dari Indiana yang bernama Bobby Wagner, yang pada saat itu juga berhasil mencatatkan dirinya sebagai pembalap tercepat dalam 'Open Class'. Pasangan ini akhirnya mendapat julukan sebagai "Pasangan Motocross Amerika Pertama", yang hingga kini dengan bangga masih disandangnya.

5. Nancy Payne
Pada tahun 1975, Kejuaraan Nasional Powder Puff berubah nama menjadi Kejuaraan Nasional Wanita. Nama Nancy saat itu berhasil menjadi sejarah dan kebanggan bagi semua pembalap wanita khususnya motocross di seluruh dunia, setelah dirinya berhasil merebut kemenangan pertama  di kelas wanita. Dia juga menjadi salah seorang pembalap terbesar pada jamannya serta idola para penggemar motocross pada tahun 70-an.

4. Dee Wood
Dee mulai belajar mengendarai sepeda motor pada tahun 1972. Saudara laki-lakinya, yang berusia setahun lebih tua darinya, menginspirasi dirinya untuk terlibat dalam dunia sepeda motor. Dia selalu berusaha untuk melakukan apa yang ia mampu lakukan dengan lebih baik lagi. Dan dikarenakan sepeda motor terasa menyenangkan baginya, membuat ia akhirnya tertarik untuk ikut balapan. Mengikuti lomba balap sepeda motor merupakan sebuah hal yang datang secara alami bagi dirinya. Sepanjang tahun yang dilaluinya, tak ada kejuaraan balap yang mampu menghentikan dirinya. Nama Dee Wood akhirnya dikenal sebagai seorang pembalap top pada masanya.

3. Jessica Patterson
Wanita kelahiran 14 September 1983 ini telah dikenal dunia sebagai salah satu pembalap wanita motocross paling ulung dalam sejarah olahraga. Gaya agresif Jessica dalam mengendarai sepeda motornya, ditambah dengan latihan yang selalu dilakukannya selama berjam-jam, membuat sosoknya menjadi sempurna untuk mengikuti ajang WMX hingga mampu mendominasi beberapa kompetisi dengan memenangkan seri pro AMA Wanita Nasional dalam usaha pertamanya. Setelah berhasil mengklaim tujuh gelar WMX Nasional, Jessica Patterson akhirnya mengumumkan untuk pensiun dari dunia motorcross profesional. Gelar terakhirnya didapat dari kancah Southwick National, tapi sayangnya ia merebut gelar tersebut di bawah tekanan.

2. Mercedes Gonzales
Lahir pada 11 Juli 1963. Pada tahun 1992, Mercedes Gonzales berhasil meraih gelar sebagai "Wanita Tercepat di dunia Motocross". Tahun 1992 juga merupakan tahun dimana Mercedes memutuskan untuk pensiun dari olahraga motocross dan beralih untuk berkarir di balapan sepeda gunung. Dia pertama kali mengendarai sepeda motor pada tahun 1969. Ayahnya yang juga seorang pengendara sepeda motor telah membuatnya jatuh cinta dalam menggeluti dunia sepeda motor. Orangtuanya membelikan sebuah sepeda motor ketika ia masih berusia 5 tahun. Pada usia 7 tahun, ia pertama kali memacu sepeda motornya, dan sejak itu tak ada yang mampu menghentikannya. Semangat kompetitif serta usaha kerasnya untuk bisa menang mendorongnya untuk menjadi yang terbaik dari apa yang bisa ia lakukan. Siapa pun yang telah bertemu Mercedes akan menyadari bahwa ia datang untuk menang.

1. Sue Fish
Kelahiran 9 November 1958 ini dijuluki sebagai "Ikan Terbang (The Flying Fish)" oleh media pers. Ya, tak mengherankan karena Sue merupakan salah seorang pelopor dalam dunia balap motocross wanita. Gaya balapnya membuat wanita yang satu ini benar-benar harus diperhitungkan di tahun 70 dan 80-an dengan mengawalinya untuk Evil Knievel dan merupakan salah satu wanita pertama yang berkompetisi di ajang MX Pro Pria, dan dia berhasil! Sejak itu ia mulai memenangkan kejuaraan yang dimulainya pada tahun 1975. Dia juga merupakan wanita pertama yang mendapat penghormatan atas pencapaiannya dalam Legends & Heroes Tour saat digelarnya A3 Supercross pada 13 Februari 2010 lalu. Dalam kejuaraan nasional wanita di tahun 1976 dan 1977, Sue Fish berhasil membuat sebuah terobosan baru dalam olahraga yang biasanya di dominasi oleh para pria dengan menjadi salah satu pembalap pertama yang bersaing melawan pembalap pria. Selama karirnya, Sue telah mencatatkan dirinya dalam beberapa kejuaraan motocross dengan sangat mengagumkan hinga rasanya akan sangat sulit untuk dapat disaingi hingga saat ini.

Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "10 Wanita Pembalap Motocross Terbaik di Dunia", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "10 Wanita Pembalap Motocross Terbaik di Dunia"

Post a Comment