5 Fakta menarik tentang Hari Valentine yang harus Anda ketahui

Topik Pilihan :

Bagi Anda yang tengah dalam masa pacaran atau sedang dilanda cinta, Hari Valentine merupakan hari spesial dimana Anda bisa lebih mengungkapkan isi hati pada pasangan atau seseorang yang Anda kasihi. Tapi ada baiknya juga bila Anda mengetahui fakta-fakta lain seputar Hari Valentine atau juga yang dikenal sebagai Hari Kasih Sayang.

1. Di negara Jepang, Hari Valentine lebih dikhususkan bagi kaum wanita. Sedangkan di Hari Putih (White Day), giliran para pria yang memberi respon.

Di Hari Valentine, wanita Jepang biasanya memberikan coklat pada pria yang dicintainya. Hal ini bisa disebut sebagai ungkapan cinta, sopan santun dan juga kewajiban sosial. Sepotong coklat buatan tangan bisa mewakilkan sebuah tanda bahwa pria itu adalah satu-satunya yang dicintai si wanita.

Dan sejak tahun 1978, Asosiasi Industri Nasional Jepang mulai memperkenalkan Hari Putih (White Day) yang diadakan setiap tanggal 14 Maret, dimana hari itu bisa menjadi jawaban atas Hari Valentine. Hadiah yang umum diberikan pada hari tersebut adalah kue, perhiasan, coklat putih, pakaian dalkam putih, serta tak ketinggalan marshmallow. Aturan yang seringkali diberikan adalah hadiah yang diberikan oleh para pria kali ini harus tiga kali lebih mahal dari yang dia terima saat Hari Valentine. (sumber)

2. Hari Valentine dilarang di Arab Saudi.

Negara Arab Saudi memiliki kekuatan polisi agama yang menjunjung tinggi larangan tahunan dengan dukungan dari Komisi untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan. Segala sesuatu yang berhubungan dengan liburan dilarang - permen, bunga, hadiah ... bahkan warna merah! Hukuman jika berani menentang perintah ini adalah toko ditutup. Masyarakat juga tidak diperkenankan memakai warna merah pada Hari Valentine. Jika mereka melakukannya, mereka akan ditolak masuk ke sekolah, bekerja, toko-toko, atau kemana pun mereka ingin pergi. Pelarangan ini berdasarkan fatwa, atau putusan hukum Islam, menentang libur pagan. Mereka pastinya memiliki alasan yang baik juga dibalik pelarangan tersebut. Meskipun liburan sering memiliki kata "Saint" mendahuluinya, sebagian besar tradisi hari Valentine berakar pada perayaan kesuburan pagan.

Para pejabat Saudi baru-baru ini mengingatkan warganya tentang larangan sebagai pengganti semakin populernya liburan di dunia Arab. Terutama setelah para penjual produk, restoran, dan hotel di wilayah Arab Saudi khususnya telah secara agresif mempromosikan liburan, yang mungkin dianggap baik untuk bisnis. (sumber-sumber)

3. Sebenarnya ada 2 St Valentine yang dikenal hingga saat ini.

Memang tidak jelas St Valentine mana yang lebih pantas mendapat tanda kutip di Hari Valentine hingga saat ini. Dan ternyata banyak martir Kristen yang memiliki nama Valentine, dimana dua yang lebih banyak diperingati oleh Gereja Katolik hingga saat ini. Salah satunya adalah Valentine dari Roma, yang adalah seorang pendeta Romawi yang menjadi martir sekitar tahun 269 Masehi. Relik-nya ditampilkan dalam Gereja di Roma dan Dublin.

Yang kedua adalah Valentine dari Terni, yang adalah uskup dari Interama yang hidup sekitar tahun 197 Masehi. Dia menjadi martir oleh Kaisar Aurelius. Dia dikuburkan di Via Flaminia, di Roma. Relik Valentine dari Terni bisa dilihat di Basilika Saint Valentine di Terni. Ada juga St Valentine yang ketiga disebutkan dalam martyrologies awal tapi tidak banyak yang diketahui tentang dirinya.

Menariknya, sejarah tidak banyak mencatat bahwa santa-santa tersebut menyebutkan unsur-unsur romantis dalam biografi mereka. Hubungan romantis pertama yang berkaitan dengan Hari Valentine tidak pernah terjadi sampai tahun 1382. (sumber)

4. Penelitian membuktikan adanya peningkatan kelahiran di Hari Valentine.

Operasi cesar memang sudah hal aneh lagi seorang ibu untuk bisa melahirkan anak yang tengah dikandungnya di tanggal yang di inginkannya. Karenanya tidaklah mengherankan jika banyak ibu hamil yang memilih untuk bisa melahirkan di tanggal tanggal spesial yang mereka anggap baik. Penelitian terbaru baru-baru ini menunjukkan bahwa akte kelahiran di Amerika Serikat dalam periode sepuluh tahun terakhir lebih didominasi oleh bayi perempuan, baik melalui operasi cesar maupun normal, dimana orang tua mereka memang memilih Hari Valentine sebagai tanggal lahirnya anak-anak mereka.

Menariknya, hal yang justru bertentangan terjadi pada peringatan Halloween, dimana terjadi pengurangan angka kelahiran sebanyak sekitar 5% dibanding dengan hari-hari biasanya. (sumber)

5. Para ilmuwan memperkirakan bahwa Anda akan jatuh cinta 7 kali sebelum Anda menikah!

Menurut sebuah penelitian, rata-rata orang akan jatuh cinta sebanyak tujuh kali sebelum mereka memutuskan untuk menikah. Jatuh cinta berkali-kali itu dapat membuat suatu kesulitan karena sering mengarah ke sebuah rasa frustasi ketika harus merasa dicampakkan oleh orang yang sesungguhnya sangat dicintainya.

Yang lebih parah adalah disebutkan juga bahwa rata-rata 7 kali juga pernikahan yang mungkin terjadi tidak akan berlangsung. Sementara tingkat perceraian di Amerika Serikat sendiri adalah sekitar 50% dan itu terus meningkat setiap tahunnya.

Sedangkan fakta mengejutkan lainnya adalah bahwa hanya membutuhkan waktu 1/5 detik untuk jatuh cinta. Para peneliti baru-baru ini memodifikasi scanner otak yang lalu dicobakan pada pada orang-orang untuk mengetahui efek dari cinta pada otak. Temuan mereka? Waktu yang diperlukan bagi seseorang untuk jatuh cinta adalah sekitar seperlima detik.

Mereka juga menemukan bahwa 12 area otak bekerja sama selama proses cinta. Mereka menemukan bahwa efek cinta pada otak Anda adalah semakin meningkat mirip dengan orang yang sudah kecanduan narkoba! (sumber-sumber)

Dapatkan artikel terbaru:
*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Tanya
Artikel "5 Fakta menarik tentang Hari Valentine yang harus Anda ketahui", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Tanya dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Tanya sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

0 Tanggapan untuk "5 Fakta menarik tentang Hari Valentine yang harus Anda ketahui"

Post a Comment